Kamis, 28 Nov 2019 16:23 WIB

Disebut dalam Kisah Viral Meninggal Usai Garap Skripsi, Apa Itu Anemia?

Nurul Khotimah - detikHealth
Viral kisah tragis mahasiswa meninggal usai mengerjakan skripsi (Foto: iStock) Viral kisah tragis mahasiswa meninggal usai mengerjakan skripsi (Foto: iStock)
Jakarta - Belakangan viral kisah tragis mahasiswa yang berjuang mengerjakan skripsi hingga kelelahan lalu meninggal dunia. Dikisahkan, adanya dugaan kuat mahasiswa tersebut mengidap anemia kronis. Dalam sebuah thread yang ditulis oleh @J*******a anemia yang diidapnya kemungkinan besar akibat kelelahan mengerjakan tugas akhir skripsi selama tujuh hari tujuh malam tanpa henti.

Anemia merupakan suatu kondisi tubuh yang kekurangan cukup sel darah merah sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh lainnya. Seseorang yang mengidap anemia akan mudah merasa lelah dan lemah. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen dalam darah yang seharusnya disebarkan ke seluruh tubuh.

Anemia yang sering dialami oleh banyak orang biasanya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan seseorang akan mudah lelah dalam beraktivitas. Akibatnya tubuh akan mengalami penurunan sel darah merah yang mengandung oksigen.



Namun seperti kelelahan yang dialami oleh mahasiswa tersebut tidak bisa langsung didiagnosa mengidap anemia. Karena kelelahan pada tubuh tidak semuanya bisa dikategorikan sebagai akibat anemia.

"Kelelahan memiliki banyak penyebab selain anemia, jadi jangan berasumsi bahwa jika Anda lelah, Anda pasti menderita anemia," dikutip dari Mayo Clinic, Kamis (28/11/2019).

Kelelahan pada penderita anemia biasanya dirasakan sangat lemah hingga beberapa orang sering menagalami pingsan. Secara umum penderita akan mengalami gejala sesak napas, sakit kepala, pusing, kulit pucat bahkan detak jantung yang lebih cepat.

Untuk menghindari anemia, Anda bisa konsumsi makanan yang mengandung zat besi lebih banyak. Makanan kaya zat besi termasuk daging sapi dan daging lainnya, kacang-kacangan, lentil, sereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau tua, dan buah kering. Selain itu aturlah waktu bekerja dan beraktivitas Anda agar lebih efektif dan tidak mengganggu kesehatan.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)