Kamis, 28 Nov 2019 19:20 WIB

Hoax atau Fakta? Makan Tempe dan Bayam Bersamaan Bisa Mengendap di Tubuh

Rosmha Widiyani - detikHealth
Beredar hoax tidak boleh makan bayam bersamaan dengan tempe. Foto: detikHealth
Jakarta - Unggahan di media sosial Facebook menyatakan tempe sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan bayam. Kandungan dalam bayam dan tempe dikatakan meninggalkan endapan yang tidak larut dalam tubuh.

Berikut informasi yang beredar di medsos soal konsumsi bayam dan tempe sebaiknya tidak bersamaan:

Bayam tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan kedelai. Bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang ada pada kedelai. Reaksi tersebut dapat membentuk endapan yang tidak dapat larut dalam usus.

Menanggapi unggahan tersebut, dokter ahli gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, SpGK, MSc, mengatakan informasi tersebut tidak benar. Bayam bisa dikonsumsi dengan tempe yang diolah menjadi berbagai hidangan.

"Nggak sampai seperti itu ya. Makanan tidak hanya mengandung satu substansi itu saja. Asal konsumsi secukupnya maka tidak ada masalah," kata dr Tirta yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) saat dihubungi detikcom, Kamis (28/11/2019).


Bayam memang mengandung asam oksalat sementara kedelai memiliki kandungan kalsium. Ditambah kandungan lain, bayam dan kacang kedelai yang merupakan bahan dasar tempe adalah asupan kaya nutrisi. Dengan konsumsi secukupnya, bayam dan kedelai melengkapi asupan gizi tiap hari.

Info terkait bayam dan tempe yang sebaiknya tidak dimakan bersama ini sempat beredar di laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Yankes Kemenkes). Namun pihak Yankes Kemenkes mengaku sudah menghapus informasi tersebut.

"Kita sudah klarifikasi ya. Untuk sekarang kita takedown," kata Kepala Sub Bag Advokasi Hukum dan Humas Ditjen Yankes Kemenkes Rico Mardiansyah.



Simak Video "Bahaya Berita Hoax soal Kesehatan, Termasuk Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)