Jumat, 29 Nov 2019 05:00 WIB

Marc Marquez Sukses Jalani Operasi untuk Dislokasi Parsial, Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Marc usai menjalani operasi dislokasi bahu. (Foto: Facebook/Marc Marquez)
Jakarta - Juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez, dikabarkan baru saja selesai menjalani operasi bahu untuk dislokasi parsial. Ia mengunggah foto dirinya terbaring di rumah sakit dengan penyangga terpasang di tangan kanan.

"Selamat pagi! Saya kurang lebih sudah bangun! Operasinya berjalan dengan baik dan sekarang saya mulai menjalani masa pemulihan! Terima kasih atas semua pesan dukungannya," tulis halaman resmi Facebook Marquez.

Dikutip dari American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS), dislokasi bahu parsial adalah kondisi saat sebagian tulang lengan atas (humerus) keluar dari soketnya (glenoid). Hal ini biasanya terjadi ketika persendian mengalami gerakan atau tekanan yang tidak seimbang.


Dalam kasus dislokasi parsial, dokter bisa melakukan teknik koreksi untuk mengembalikan tulang pada posisi normalnya. Namun demikian bila dislokasi ini berulang maka bisa terjadi apa yang disebut instabilitas bahu.

"Bila dislokasi jadi masalah yang berulang, kadang penyangga tangan dapat membantu. Akan tetapi bila penyangga tidak berhasil operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki atau mengencangkan ligamen persendian yang kendur, terutamanya pada atlet muda," kata AAOS.

"Pada beberapa kasus dislokasi bahu berulang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang humerus atau soket bahu," lanjut AAOS.

Marquez memang diketahui beberapa kali mengalami dislokasi bahu. Terakhir dirinya mengalami dislokasi usai kecelakaan dalam uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, Senin (25/11/2019).



Simak Video "Dirjen WHO: Kita Semua Berutang pada Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)