Jumat, 29 Nov 2019 07:30 WIB

Hati-hati, Sarapan dengan Buah dan Sayur Berikut Bikin Terus 'Ngegas'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Beberapa asupan picu kentut sepanjang hari. (Foto: iStock) Beberapa asupan picu kentut sepanjang hari. (Foto: iStock)
Jakarta - Kentut, sendawa, dan nyeri karena kembung sering terjadi pada semua orang. Apalagi jika terjadi di pagi hari, tentunya bisa mengganggu.

Menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse, gejala memalukan ini bisa disebabkan karena menelan udara saat makan atau karena mencerna makanan saat proses pencernaan. Dikutip dari Live Strong, mengurangi mengonsumsi makanan berikut ini di pagi hari juga bisa mengurangi gejala tersebut:


1. Sayur dan buah kaya serat

Kacang-kacangan, polong, dan kebanyakan buah mengandung serat yang mudah larut di dalam air dan menjadi halus serta mirip jeli di dalam usus. Serat jenis ini tidak akan dicerna hingga ia mencapai usus besar, dan di sinilah yang menjadikan serat menyebabkan gas. Kurangi konsumsi makanan ini untuk tidak konsumsi sesering mungkin di pagi hari untuk menjaga asupan serat tetap dapat tanpa merasa kembung dan nyeri karena kentut.

2. Sayuran pati

Tubuh tak bisa mengonsumsi makanan pati seperti kentang dan jagung secara langsung karena membutuhkan enzim yang dibutuhkan untuk mencernanya kurang atau tak ada. Di usus besarlah makanan pati ini dicerna oleh bakteri dan menghasilkan gas karbon dioksida, hidrogen, dan sepertiganya adalah metana yang nantinya akan keluar lewat anus alias kentut. Seimbangkan bakteri dan konsumsi makanan pati di pagi hari ini bisa menghindarkanmu dari terus-terusan 'ngegas'.

3. Kacang dan sayuran mengandung raffinose

Kebanyakan makanan yang mengandung karbohidrat bisa menyebabkan gas, terutama makanan yang mengandung gula kompleks raffinose. Gula ini ditemukan dalam kacang-kacangan dan lentil. Selain itu juga pada sayuran cruciferous seperti kubis, brokoli, asparagus, dan kembang kol.

4. Buah dan sayur mengandung fruktosa

Makanan yang mengandung gula fruktosa bisa menyebabkan gas dan sembelit karena kentut. Kebanyakan dikandung oleh banyak buah, seperti pir, kurma, kismis, buah tin, anggur, nanas, apel, dan pisang. Fruktosa juga ditemukan dalam buah-buahan kering. Sayuran juga ada yang mengandung fruktosa seperti bawang bombay yang bisa menyebabkan kamu banyak kentut pagi ini.

5. Buah-buahan mengandung sorbitol

Buah persik, pir, dan apel merupakan buah sumber sorbitol penghasil gas kentut. Sorbitol juga ditemukan dalam makanan bebas gula sebagai tambahan, sehingga bisa menyebabkan diare, kembung, dan rasa ingin terus kentut. Hal ini disebabkan gula ini tak benar-benar terserap di usus kecilmu namun melewati usus dan jika dikonsumsi dalam jumlah besar, sorbitol bisa menyebabkan kentut.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)