Jumat, 29 Nov 2019 09:00 WIB

Alasan Tulang Wanita Lebih Mudah Keropos Dibanding Pria

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Wanita lebih rentan terserang osteoporosis. (Foto: iStock) Wanita lebih rentan terserang osteoporosis. (Foto: iStock)
Jakarta - Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun atau mengalami pengeroposan. Hal ini biasa dirasakan pada orang yang sudah menginjak usia tua.

Spesialis orthopedi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Langga Sintong, SpOT, menyebut wanita lebih rentan terserang osteoporosis daripada pria. Hal ini disebabkan kadar hormon estrogen wanita akan menurun seiring bertambahnya usia.

"Wanita kenapa biasanya setelah menopause, hormon estrogen jatuh biasanya sering keropos (tulang), wanita lebih sering tidak olahraga, sehingga seiring usia, dan tidak terpapar matahari yang cukup, sehingga kekurangan vitamin D," kata dr Langga saat ditemui detikcom, pada Kamis (28/11/2019).

Baca juga:

Kebiasaan buruk bagi beberapa wanita yang menyukai merokok serta minum minuman beralkohol juga dapat menjadi pemicu osteoporosis.

"Konsumsi alkohol, rokok juga bisa, konsumsi kopi dosis tinggi juga bisa, nutrisinya kurang, kalsiumnya kurang juga bisa, atau obat-obatan seperti steroid juga bisa membuat keropos", tambah dr Langga.

Baca juga:

Simak Video "Di Balik Muka Imut-imutnya, Perempuan Ini Sterek Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)