Jumat, 29 Nov 2019 16:02 WIB

Ciri-ciri Fisik Tidak Perawan yang Ternyata Cuma Mitos

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selaput dara bukan ukuran yang bisa menentukan keperawanan wanita. (Foto: iStock)
Jakarta - Atlet senam SEA Games 2019 dipulangkan kembali kerena diisukan tidak perawan. Tidak terima, orang tuanya memeriksakan kondisi putrinya ke rumah sakit dan setelah dilakukan pemeriksaan mereka mengklaim bahwa tidak terjadi hal yang diisukan tersebut pada putrinya.

Belakangan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjelaskan bahwa alasan pemulangan sang atlet bukan karena tidak perawan melainkan terkait perilaku tidak disiplin. Namun dampak kehebohan yang menyertai kabar ini menjadi bukti bahwa keperawanan dan selaput dara masih menjadi hal yang sakral di masyarakat. Perlu ditekankan bahwa tak ada hubungan antara kesucian seorang wanita dengan kondisi selaput dara mereka.

Bahkan saking diagungkannya, banyak orang yang kerap menebak-nebak mana perempuan yang masih perawan dan tidak dengan melihat kondisi fisik mereka. Di bawah ini adalah beberapa mitos ciri fisik yang diisukan dimiliki oleh perempuan 'tidak perawan' dan banyak banyak dipercaya oleh masyarakat.


1. Jalan mengangkang tanda tidak perawan

Bagaimana bisa cara jalan seorang wanita menandakan keperawannya? Hal tersebut sama sekali tidak ada keterkaitannya. Cara berjalan seseorang dipengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisiknya seperti lebar tulang punggul dan lemak di sekitar paha.

2. Ukuran payudara yang tiba-tiba membesar

Payudara yang tiba-tiba membesar sering dikaitkan dengan ketidakperawanan. Padahal payudara seseorang memang bisa membesar terlebih ketika perempuan sedang dalam masa pertumbuhan atau ketika terkena rangsangan.

3. Urinenya terlihat lebih jernih

Warna urine ditentukan oleh banyaknya asupan air yang diterima oleh tubuh. Semakin banyak air yang diminum maka makin jernih urinenya. Sedangkan jika warnanya keruh berarti seseorang kurang minum atau memiliki penyakit tertentu seperti infeksi kandung kemih.

4. Tidak berdarah saat pertama kali berhubungan seks

Masih banyak sekali masyarakat yang menganggap ukuran keperawanan hanya bisa dilihat dari selaput dara. Tidak berdarah saat berhubungan seks tandanya tidak perawan. Perlu diketahui, ada banyak penyebab yang bisa membuat selaput dara robek seperti kecelakaan atau olahraga tertentu.



Simak Video "Saat Anak-anak Disabilitas Semangat Berlatih Pencak Silat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)