Jumat, 29 Nov 2019 21:27 WIB

Berhubungan Seks Sehabis Operasi Jantung, Amankah?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Seks pasca operasi jantung sah-sah saja dilakukan asal kondisinya sudah pulih betul  (Foto: iStock) Seks pasca operasi jantung sah-sah saja dilakukan asal kondisinya sudah pulih betul (Foto: iStock)
Jakarta - Banyak orang khawatir bercinta dapat membebani jantung, terutama bagi yang baru saja menjalani operasi jantung. Sebenarnya aman nggak sih?

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian dini di Indonesia dengan persentasi sebesar 35 persen pada 2016. Tak heran, kekhawatiran terkena serangan jantung ini selalu muncul, sampai bisa menghindari aktivitas seksual.

dr Siska Suridanda Danny, Sp.JP(K), Kardiolog Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta menegaskan, berhubungan seksual sangat aman dilakukan bila sudah bisa beraktivitas biasa dan mempertimbangkan jenis penyakit jantungnya.



"Penyakit jantung kan banyak macamnya kalau pasca serangan jantung sudah dilakukan, pengembalian aliran darah dengan tindakan revaskularisasi. Lalu, sudah bisa melakukan aktivitas sehari-hari, seperti naik tangga 2 lantai, umumnya bisa melakukan aktivitas seksualnya dengan aman tapi mungkin perbedaan manuver aja jadi mungkin si bapaknya yang tidak bergerak, atau nanti ibunya yang tidak bergerak," ujar dr. Siska saat ditemui detikHealth di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Meskipun, umumnya normal aktivitas setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, dr Siska menganjurkan, untuk langsung mengkomunikasikan persoalan aktivitas seksual ini dengan dokter jantung.

"Silahkan didiskusikan tergantung dokter jantung masing-masing. Karena, biasanya dapat dilihat kuatnya aktivitas orang tersebut seberapa. Kalau jalan 200m masih ada sisa nafas atau sakit dada nggak, atau sudah bisa lari kecil tanpa masalah, nanti dia akan membantu menentukan apakah seseorang ini sudah boleh melakukan aktivitas seksual," pungkas dr Siska.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)