Sabtu, 30 Nov 2019 05:10 WIB

Kenali Gejala Campak, Obat, dan Pencegahannya

Niken Widya Yunita - detikHealth
Kenali Gejala Campak, Obat, dan Pencegahannya/Foto: iStock Kenali Gejala Campak, Obat, dan Pencegahannya/Foto: iStock
Jakarta - Penyakit campak adalah penyakit munculnya ruam di seluruh tubuh. Penyakit ini menular, lalu bagaimana gejalanya?

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui kontak langsung atau lewat udara. Penyakit ini juga paling sering terjadi pada anak-anak dan dapat menyerang bayi usia 7-12 bulan.

Berikut gejala campak:

Gejala campak yakni mata merah, radang tenggorokan, batuk kering, badan terasa lemas dan letih, serta demam tinggi. Gejala lainnya yakni selera makan hilang, diare atau muntah-muntah.

Gejala selanjutnya yakni muncul bintik-bintik putih keabuan di mulut dan tenggorokan. Setelah itu akan muncul ruam berwarna merah kecokelatan yang diawali dari sekitar telinga, kepala, leher, dan menyebar ke seluruh tubuh. Ruam ini akan bertahan selama 5 hingga 6 hari.

Cara Mengobati Campak

Cara mengobati campak salah satunya dengan minum obat penurun demam dan pereda nyeri. Pengobatannya disarankan dengan berkonsultasi dulu dengan dokter. Apalagi untuk anak, tidak boleh asal memberikan obat.

Selain itu, cara mengobati campak dengan banyak minum air putih. Air dapat menjaga cairan di dalam tubuh.

Pencegahan Campak

Campak sebenarnya bisa dicegah dengan memberikan vaksin MMR. Vaksin MMR adalah vaksinasi yang dapat melindungi kamu dan anak-anak dari penyakit campak, gondok, dan rubella. Anak-anak dapat menerima vaksinasi MMR pertama pada usia 12 bulan.

Vaksin lanjutan diberikan antara usia 4 dan 6 tahun. Orang dewasa yang belum pernah menerima imunisasi dapat meminta vaksin dari dokter.

Setelah tahu gejala campak di atas, lakukan pengobatan. Segera ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Simak Video "Jajal Langsung, Menjadi 19 cm di Klinik Mak Erot yang Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/vmp)