Sabtu, 30 Nov 2019 11:38 WIB

Tips Jaga Kesehatan Tulang dan Sendi di Usia Senja

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta -

Osteoporosis dan Osteoarthritis bukanlah penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Gejalanya mungkin tidak begitu terlihat. Namun satu hal yang pasti, pengeroposan tulang terjadi akibat gaya hidup kurang sehat dan kurangnya kalsium yang dibiarkan untuk waktu yang lama.

"Gangguan pada tulang dan sendi ini penyebabnya sering dihubungkan dengan gaya hidup yang kurang sehat, kekurangan nutrisi khususnya vitamin D, dan obesitas," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth Sabtu (30/10/2019).

Menurut dr Mulimanan, penyakit ini sering terjadi pada lansia dan wanita berusia di atas 60 tahun. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium, penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang atau gangguan hormon.

"Penderita osteoporosis dapat mengalami gejala berupa nyeri tulang atau punggung, perubahan postur tubuh, tulang mudah patah, hingga berkurangnya tinggi badan. Sementara osteorartritis gangguan sendi pada tulang yang yang sering terjadi pada lutut sehingga menimbulkan rasa sakit dan kaku," jelasnya.

Sebab organ tulang ini sangat penting untuk menopang bagian tubuh maka perlu dijaga dan dipelihara dan diperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan gangguan ini terjadi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat menjaga dan mencegah gangguan sendi dan tulang.

"Pertama, rutin mengecek keadaan tulang. Pemeriksaan sederhana dapat dilakukan dengan bone scan, ini bertujuan untuk menilai kepadatan, kekuatan tulang termasuk keadaan sendi," ucapnya.

"Kedua, rutin berolahraga, seperti berjalan kaki, jogging, aerobik low impact, yoga, dancing-menari, dan latihan beban, dapat membantu anda membangun tulang yang kuat dan mencegah tulang menjadi keropos," imbuhnya.

Ketiga, kata dr Mulimanan, menjaga berat badan ideal. Memiliki berat badan yang terlalu kurus atau gemuk (obesitas) dapat meningkatkan risiko Anda terkena osteoporosis dan osteoartritis. Karena itu hindari konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok guna mencegah terjadinya kelainan tulang.

Selain itu, konsumsi susu tinggi kalsium jelas dibutuhkan untuk membantu mengatasinya. Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan kekuatan tulang.

Lengkapi dengan asupan sumber kalsium terbaik seperti susu seperti Entrasol Senior. Susu ini dilengkapi gizi dengan kandungan formula PROCARE. Entrasol Senior dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro nutrient seseorang di usia 60 tahun ke atas.





Simak Video "Lihat Kunci Sukses Swiss Jadi Negara Teraman COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)