Sabtu, 30 Nov 2019 16:01 WIB

Ussy Borong Test Pack, Nggak Takut Kedaluwarsa?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ussy borong test pack, waspadai batas kedaluwarsanya. Foto: Noel/detikFoto Ussy borong test pack, waspadai batas kedaluwarsanya. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Dalam vlog terbaru di Channel Youtube miliknya, aktris Ussy Sulistiawaty terlihat berbelanja di salah satu pasar. Tidak hanya membeli perlengkapan dapur, ia yang ditemani anak pertamanya, Amel juga membeli alat tes kehamilan atau test pack.

"Itu yang buat ngetes hamil atau nggaknya," kata Ussy kepada salah satu pedagang di toko pasar tersebut.

Tak tanggung-tanggung, istri dari Andhika Pratama ini langsung membeli 10 buah test pack. Dikutip dari detikcom, saat anaknya bertanya, Ussy hanya menjawab untuk jaga-jaga.

"Ih kan mama harus jaga-jaga tahu kak," beber Ussy seraya tertawa.

Test pack merupakan alat uji kehamilan yang berbentuk stik, dan dirancang untuk mengetahui urine yang dijadikan sampel mengandung hormon human chorionic gonadotropin (hCG) atau tidak. Hormon ini yang diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.


Dikutip dari laman Women's Health, test pack ini ternyata juga memiliki batas kedaluwarsa. Biasanya, batas jangka waktu yang masih layak digunakan berkisar antara 2-3 tahun.

"Alat tes kehamilan ini masih layak digunakan dalam jangka waktu 2-3 tahun. Jika lewat dari itu, maka hasil yang didapat tidak akan akurat lagi," jelas dokter spesialis kandungan di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, Christine Greves, MD.

Di dalam test pack, terdapat semacam bahan kimia yang bertugas untuk mendeteksi wanita itu hamil atau tidak. Kalau alat tesnya sudah lewat dari batas kedaluwarsanya, bahan itu menjadi kurang efektif dan akurat lagi hasilnya.

Greves mengatakan, dalam membeli test pack ini tidak boleh lengah untuk memeriksa label kedaluwarsanya. Selain itu, ia juga menganjurkan untuk menggunakan alat tes kehamilan yang bentuknya digital.

"Meskipun memang lebih mahal, tapi tes kehamilan digital memberikan hasil yang lebih akurat. Ini karena alat itu dirancang untuk mengambil kadar hCG yang lebih rendah daripada alat yang biasa," ujarnya.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)