Minggu, 01 Des 2019 09:15 WIB

Terpopuler detikHealth

Darah Indonesia Agnez Mo dan Kekayaan Genetik Suku di Indonesia

Firdaus Anwar - detikHealth
Ramai pembahasan darah Indonesia Agnez Mo. (Foto: Instagram Red Box In - Agnez Mo) Ramai pembahasan darah Indonesia Agnez Mo. (Foto: Instagram Red Box In - Agnez Mo)
Jakarta - Agnez Mo atau Agnes Monica jadi sorotan ketika dalam sebuah wawancara mengaku tidak punya darah Indonesia. Banyak tuduhan dilayangkan pada Agnez karena dianggap lupa dengan tanah air namun tidak sedikit juga yang mendukungnya.

Terkait hal tersebut Agnez belakangan buka suara bahwa ia berbicara secara fakta biologis. Dirinya mengatakan dari garis keturunan orang tuanya, tak ada garis keturunan asal dari Indonesia.

"Yang kemarin aku omongin itu secara biologis, fakta. Bukan spirit," kata Agnez di tayangan YouTube Deddy Corbuzier.


Indonesia disebut oleh periset dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Herawati Sudoyo, PhD, memang memiliki kekayaan genetik yang luas. Lebih lanjut menurut Prof Herawati dari semua suku sebetulnya tidak ada yang bisa dikatakan pribumi asli Indonesia karena leluhur kita datang dari berbagai wilayah di dunia.

"Pribumi dalam hal ini mengacu pada suku tertentu yang menjadi asal usul penduduk. Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan DNA serta karakter lain pada keturunannya," katanya saat diwawancarai detikcom pada Sabtu (19/10/2019) lalu.

Kondisi ini menjadikan Indonesia unik berbeda dengan wilayah lain di dunia. Misal Amerika dengan penduduk asli berasal dari suku Indian, atau Australia dengan suku Aborigin.

Leluhur Indonesia berasal dari Afrika, Asia daratan yang turun hingga Filipina, India, Arab, hingga Eropa. Para leluhur bermigrasi, tinggal di Indonesia, dan akhirnya memiliki keturunan.

"Kita punya lebih dari 500 suku. Masing-masing suku punya DNA kompleks yang menjadi sumber keragaman asal orang Indonesia," imbuh Prof Hera.



Simak Video "Menelisik soal 'Darah Indonesia' yang Heboh Gara-gara Agnez Mo"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)