Senin, 02 Des 2019 15:30 WIB

Shawn Mendes Batal Konser karena Alami Laringitis Akut, Kenali Gejalanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Shawn Mendes mengaku mengalami laringitis akut yang tak kunjung membaik. (Foto: Asep Syaifullah) Shawn Mendes mengaku mengalami laringitis akut yang tak kunjung membaik. (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta - Belum lama ini, Shawn Mendes membuat khawatir penggemarnya setelah ia mengumumkan rencana pembatalan konsernya di San Paulo, Brazil, karena kondisinya sedang tidak fit. Dalam akun Instagram pribadi miliknya, Mendes mengaku mengalami laringitis akut yang tak kunjung membaik.

"Sao Paulo, saya mohon maaf harus memberitahu kalian ini, namun hari ini saya terbangun dan merasa sakit, dan pergi ke dokter, dan mengetahui saya punya laringitis dan infeksi sinus yang disebabkan pembengkakan pita suara," tulisnya.

Laringitis atau peradangan pita suara memang kerap kali menyerang penyanyi. Laringitis terjadi ketika kotak suara atau pita suara meradang karena terlalu sering digunakan, iritasi, atau infeksi.


Meski dalam beberapa hari bisa sembuh, laringitis dapat bersifat akut jika berlangsung lebih dari tiga minggu. Beberapa faktor yang menyebabkan laringitis bisa karena infeksi virus, faktor lingkungan, dan bakteri.

Mengutip Healthline, laringitis akut disebabkan penggunaan pita suara yang berlebihan dan membuat suara menjadi tak bisa keluar. Penyebabnya bisa karena virus, bakteri, atau berbicara dan berteriak sehingga pita suara meregang.

Beberapa gejala yang harus diperhatikan antara lain:
- Sulit menelan
- Batuk darah
- Demam yang tak kunjung turun
- Sakit luar biasa di tenggorokan

Pengobatan laringitis yakni dengan istirahat suara, berada di suhu ruangan yang lembab, atau dengan meminum obat-obatan herbal. Namun jika gejala tak menunjukkan perbaikan, disarankan segera kunjungi dokter.



Simak Video "Jajal Langsung, Menjadi 19 cm di Klinik Mak Erot yang Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)