Selasa, 03 Des 2019 15:23 WIB

Viral Cerita Kulit Anak 'Melepuh' Usai Berenang di Kolam

Firdaus Anwar - detikHealth
Sang anak mengalami ruam diduga karena efek klorin. (Foto: iStock) Sang anak mengalami ruam diduga karena efek klorin. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pengguna Facebook dengan akun bernama Desiree Oh dari Singapura viral ketika berbagi cerita tentang bagaimana anaknya terkena ruam tidak terduga. Anak perempuan berusia 5 tahun tersebut baru saja selesai berenang ketika mulai mengeluh tubuhnya terasa seperti terbakar.

"Awalnya kami melihat sedikit ruam dan dia menggaruk-garuknya. Kami pikir ini gigitan serangga biasa jadi hanya dipakaikan beberapa obat biasa dan ternyata ruam itu semakin bertambah luas," tulis Desiree pada hari Minggu (1/12) dan hingga Selasa (3/12/2019) tulisannya sudah dibagikan ulang 2,4 ribu kali.


Dalam unggahan disertakan juga foto seorang anak perempuan yang tampak seluruh badannya bentol-bentol merah. Saat dibawa ke klinik baru diketahui kemungkinan hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa klorin yang biasa dipakai untuk membersihkan kolam renang.

Keterangan dari dokter kemungkinan terjadi perubahan konsentrasi klorin di kolam renang yang digunakan sang anak. Selain itu bisa juga memang anak memiliki sensitivitas tinggi terhadap klorin karena memang tiap orang bisa berbeda.

Dikutip dari Medical News Today, ruam karena klorin ini biasa disebut dermatitis kontak. Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin atau hidrokortison untuk mengurangi peradangan.

Desiree sendiri mengaku sengaja membeberkan kisahnya agar lebih banyak orang tua waspada.



Simak Video "Tak Hanya untuk Pernapasan, Ini Manfaat Lain Berenang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)