Rabu, 04 Des 2019 05:46 WIB

Bebas Macet, Berapa Sih Harga Sewa Helikopter Ambulans di Indonesia?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Evakuasi pakai helikopter ambulans bisa mempercepat penanganan medis (Foto: iStock) Evakuasi pakai helikopter ambulans bisa mempercepat penanganan medis (Foto: iStock)
Jakarta - Helikopter ambulans sebenarnya bukan hal yang asing, banyak disewa perusahaan-perusahaan besar untuk layanan evakuasi medis. Tapi sebenarnya boleh nggak sih disewa oleh perorangan?

Ditemui di UPN Veteran Depok, dr Abrar dari Pelita Air Service Pondok Cabe mengatakan, layanan helikopter ambulans umumnya digunakan oleh rumah sakit, perusahaan evakuasi, atau pemadan kebakaran. Perusahaan-perusahaan pertambangan juga termasuk pengguna jasa helikopter ambulans.

Ada beberapa penyedia Helicopter Emergency Medical Services (HEMS) di Indonesia seperti Er Indonesia, Aero, Aircharter, dan Aviamedic. Harga sewanya tentu saja beda dari mobil ambulans seperti yang umum digunakan sehari-hari.

"Sekitar 70 juta/jam ini untuk pemesanan spot ya, beda lagi kalo carter mungkin bisa jauh lebih mahal," jelas dr Abrar, Selasa (3/12/2019).



Dengan harga sewa yang begitu fantastis, tak heran bila pengguna jasa helikopter ambulans umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan besar. Tapi sebenarnya, boleh nggak sih disewa oleh perorangan?

"Jika ingin menyewa pribadi ya silahkan saja," kata dr Abrar.

Menurutnya, penyewaan helikopter ambulans ini relatif mudah karena website masing-masing penyedia jasa heli ambulans memiliki fitur pemesanan. Bahkan, beberapa penyedia jasa heli ambulans sudah ada yang tersedia dalam bentuk aplikasi, dan cara pemesanannya hampir sama seperti berbelanja online. Bagaimana, kalian tertarik?



Simak Video "Fungsi Macam-macam Suara Sirine Ambulans, Seperti Ini Bunyinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)