Rabu, 04 Des 2019 18:30 WIB

Casey Stoner Mengaku Idap Penyakit Lelah Kronis, Kondisi Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Casey Stoner akui idap kelelahan kronis. Penyakit apa itu? Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp Casey Stoner akui idap kelelahan kronis. Penyakit apa itu? Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta - Juara MotoGP Casey Stoner belakangan mengaku bahwa dirinya mengidap penyakit lelah kronis. Pria yang memilih pensiun dini di usia 27 tahun ini bercerita kondisinya jadi penghalang untuk kembali aktif di dunia olahraga.

"Saya tidak bisa melakukan hal-hal yang ingin saya lakukan. Rasanya sangat membuat frustasi. Saya terakhir menarik busur panah mungkin sekitar 10 bulan lalu," kata Casey saat berbicara di podcast Rusty's Garage dan dikutip dari Visor Down, Rabu (4/12/2019).

"Pada dasarnya, apa yang terjadi dengan lelah kronis ini adalah saya tidak bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh," lanjutnya.


Dikutip dari healthline, sindrom lelah kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah sebutan untuk gangguan yang memiliki gejala khas rasa kelelahan ekstrem. Orang dengan CFS akan tetap merasa lelah bahkan setelah dirinya beristirahat atau tidur.

Hingga kini tidak diketahui pasti apa penyebab CFS. Banyak teori yang berusaha menjelaskannya, mulai dari infeksi hingga faktor psikologis.

CFS kadang disebut juga sebagai systemic exertion intolerance disease (SEID) dan myalgic encephalomyelitis (ME).



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/frp)