Kamis, 05 Des 2019 03:14 WIB

7 Manfaat Daun Jambu Biji, dari Cegah Diabetes hingga Obesitas

Tasya Awlia - detikHealth
7 Manfaat Daun Jambu Biji, dari Cegah Diabetes hingga Obesitas/Foto: istock 7 Manfaat Daun Jambu Biji, dari Cegah Diabetes hingga Obesitas/Foto: istock
Jakarta - Jambu biji memiliki rasa yang manis dan kandungan nutrisi yang tinggi. Tak hanya daging buahnya, daun jambu biji juga memiliki khasiat.

Daun jambu biji sangat terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati penyakit diare. Namun masih banyak khasiat lainnya dari daun jambu biji.



Berikut 7 Manfaat Daun Jambu Biji dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mencegah Diabetes

Daun jambu biji secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa oleh tubuh, yang menurunkan kadar gula darah.

2. Mengobati Bronkitis

Daun jambu biji mengobati bronkitis dengan membuka paru-paru, mengendurkan lendir, dan menenangkan batuk.

3. Mengobati Demam Berdarah

Daun jambu biji digunakan sebagai obat alami untuk mengobati deman berdarah. Ekstrak daunnya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

4. Mencegah Sembelit

Daun jambu biji dapat merangsang produksi enzim pencernaan. Sifat anti bakteri pada daun dapat membunuh bakteri dan mencegah sembelit.

5. Mengobati Kolesterol

Rutin mengonsumsi daun jambu biji secara teratur dapat mengurangi kolesterol tanpa memiliki efek samping.

6. Mengobati Diare

Daun jambu biji dapat membantu memperbaiki kondisi pencernaan seperti diare. Ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi frekuensi buang air besar.



7. Cegah Obesitas

Daun jambu biji dapat menghambat karbohidrat kompleks agar tidak berubah menjadi gula. Proses ini dapat mengurangi kenaikan berat badan.

Itulah beberapa manfaat daun jambu biji bagi kesehatan. Makanan yang sehat harus diimbangi juga dengan olahraga yang teratur.




Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)