Kamis, 05 Des 2019 07:34 WIB

5 Ciri-ciri Batuk Alergi pada Anak

Tasya Awlia - detikHealth
5 Ciri-ciri Batuk Alergi pada Anak/Foto: istock 5 Ciri-ciri Batuk Alergi pada Anak/Foto: istock
Jakarta - Batuk alergi bisa diderita oleh anak yang memiliki riwayat alergi. Batuk Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bekerja secara berlebihan.

Alergi akan terjadi di saat sistem imunitas tubuh bereaksi terhadap benda asing seperti bulu kucing atau debu. Namun pada anak lain tidak berbahaya.



Berikut 5 Ciri-ciri Batuk Alergi:

1. Gatal di Tenggorokan

Batuk alergi biasanya akan disertai rasa gatal di tenggorokan.

2. Sering Batuk

Batuk alergi akan sering dirasakan ketika di luar ruangan, terutama ketika terpapar oleh debu, bulu kucing, atau udara yang dingin.

3. Batuk Pada Posisi Berbaring

Pada malam hari, posisi anak akan sering berbaring dan tidur. Ini menyebabkan dahak akan terggenang di paru-paru dan naik ke tenggorokan. Sehingga muncul reflek batuk.

4 Faktor Genetik

Alergi dapat diturunkan dari orang tua atau kakek dan nenek. Bila ada yang menderita alergi harus diwaspadai tanda alergi pada anak sejak dini.



5. Berlangsung Lama

Batuk alergi tidak seperti pilek atau batuk berdahak biasa, dapat disertai hidung berair, mata berair, dan gatal. Bisa berlangsung selama berhari-hari sampai berbulan bulan, selama penyebab alergi masih ada.

Itulah beberapa ciri-ciri batuk alergi pada anak. Jika batuk terjadi dalam jangka waktu yang lama segera periksakan ke dokter untuk hasil yang lebih baik.



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)