Kamis, 05 Des 2019 05:00 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Kepala 'Nyut-nyutan' Saat Bangun Tidur

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ada berbagai penyebab kepala pusing saat bangun tidur (Foto: thinkstock) Ada berbagai penyebab kepala pusing saat bangun tidur (Foto: thinkstock)
Jakarta - Rasa pusing atau sakit kepala sering kita rasakan saat bangun tidur. Hal ini utamanya disebabkan oleh gaya hidup yang makin sibuk dan kebiasaan tak sehat.

Pusing merupakan tanda yang jelas bahwa kamu tidak merawat tubuhmu dengan baik. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari dehidrasi, stres kronis, kurang tidur, hingga kebiasaan makan yang tidak sehat, ada banyak mengapa kamu bisa mengalami kepala nyut-nyutan saat bangun tidur.

Jika tak segera diredakan, sakit kepala ini bisa merusak produktivitasmu dalam sehari. Lakukan hal berikut jika kamu sudah meminum obat dan tak ada perubahan yang terjadi, seperti dikutip dari Times of India:



1. Perhatikan makananmu

Seringkalinya pola makan kitalah yang memiliki pengaruh pada sakit kepala di pagi hari. Hindari mengonsumsi banyak MSG atau monosodium glutamat, yang umumnya ditemukan dalam mi instan. Kurangi konsumsi mi instan di malam hari, batasi asupan kafein dan alkohol, serta saat sakit kepala menyerang, hindari makanan yang renyah dan garing.

2. Singkirkan tekanan dari kulit kepala

Kebanyakan kita secara tidak sadar menaruh banyak tekanan di kulit kepala kita. Rilekskan rahangmu, tarik napas dan singkirkan kuncir, jepit, atau aksesori rambut yang menekan kulit kepala.

3. Coba dipijat

Jika pekerjaanmu melibatkan duduk seharian di depan layar komputer, jaga tetap dalam postur tubuh yang benar. Karena otot di leher dan kulit kepala bisa menegang yang nantinya akan bikin kepala nyut-nyutan. Pijatlah dengan lembut di area yang terasa sakit menggunakan jempol atau telunjuk. Memijat kepala perlahan bisa membantu meredakan otot yang mengencang dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Kompres dingin atau hangat

Coba kompres hangat di bagian belakang kepala dan leher untuk mengurangi nyeri kepala. Di sisi lain, kamu juga bisa mengompres dingin di kening dan pelipis untuk menghilangan sakit kepala yang membuat kepala terasa tegang.

5. Tidur yang cukup

Tentu saja, tidak ada yang bisa melawan baiknya mencukupkan tidur untuk menghilangkan rasa sakit di kepala. Jika terasa semakin sakit, ambillah waktu untuk beristirahat. Pastikan tidur malammu berkualitas dan nyenyak untuk mencegah risiko rasa sakit ini. Namun ingat, jika kamu tidur terlalu banyak juga bisa menyebabkan sakit kepala.



Simak Video "Ikuti Gerakan Ini Untuk Atasi dan Cegah Nyeri Pinggang"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)