Kamis, 05 Des 2019 09:30 WIB

Baikkah Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari untuk Hati?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Air lemon kerap dijadikan detoks dan dipercaya baik untuk hati. (Foto: iStock)
Jakarta - Hati atau liver berlokasi di bagian kanan perut, tepat di bawah diafragma. Organ ini memiliki peran vital untuk mendetoksifikasi darah, memecah racun dari sistem tubuh. Kesehatan tubuh bisa terganggu apabila kamu terlalu gemuk atau rutin meminum alkohol.

Air lemon
belakangan ini kerap digadang-gadang sebagai campuran minuman untuk detoks terbaik. Dengan fungsi yang sama, akankah minuman ini mengganggu fungsi kerja hati?

Dikutip dari Live Strong, air lemon justru bagus bagi kesehatan hati karena bisa membantu mengurangi inflamasi dan oksidasi di dalam hati. Hal ini disimpulkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2014 dalam Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology.


Hal ini berkat kandungan naringenin dalam buah lemon yang meredakan inflamasi dalam hati. Sementara dalam jurnal Life Scienes tahun 2003 melaporkan adanya indikasi eriocitrin, flavonoid dalam lemon yang bisa melindungi liver dari stres oksidasi yang dipicu olahraga.

Penyebab lainnya dari stres oksidasi ini, seperti rokok dan radiasi, tidak dikaji. Dalam satu buah lemon mengandung 40 persen asupan harian vitamin C yang disarankan, yang juga disebut dapat mengurangi stres oksidatif.

Mulailah harimu dengan segelas air lemon hangat atau dingin, hindari yang panas karena justru bisa meningkatkan risiko kesehatan tubuh. Sedangkan menggunakan air dingin bisa membantu tubuhmu membakar kalori ekstra sebesar 8 kalori.

"Campur perasan buah lemon dengan air dingin atau suam-suam kuku untuk menikmati manfaatnya. Ingat cukup adalah kuncinya. Buah dan jus sitrus, termasuk jus lemon, bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan lubang seiring waktu, sehingga jaga untuk tidak berlebihan," demikian dilaporkan situs tersebut.



Simak Video "Apakah Jenazah Pasien Corona Bisa Menularkan Virus? Ini Kata WHO!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)