Jumat, 06 Des 2019 18:17 WIB

Gara-gara Menoleh Terlalu Cepat, Remaja 17 Tahun Meninggal Kena Stroke

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi remaja meninggal karena stroke akibat menoleh terlalu cepat. Foto: Getty Images
Jakarta - Seorang remaja di Inggris dilaporkan meninggal dunia karena penyebab tak biasa. Ben Littlewood (17) dari Greater Manchester terserang stroke yang diduga dipicu oleh gerakan leher menoleh terlalu cepat.

Dilaporkan oleh Mirror, Ben awalnya ditemukan oleh sang ibu tergeletak di lantai dapur rumah pada 3 April lalu. Menurut sang ibu, Vicki Brocklehurst, Ben tidak responsif dan sesekali tampak tubuhnya kejang-kejang.

"Saya memanggil ambulans dan paramedis segera datang memperhatikan ada benjolan serta luka di dahi Ben," ungkap Vicki.


Ben langsung dibawa ke Tameside Hospital untuk ditangani. Dokter yang melakukan pemeriksaan CT scan sempat tidak menemukan keganjilan di otak sampai akhirnya dilakukan pemeriksaan kedua kali tanggal 7 April lalu.

Hasilnya ditemukan Ben mengalami stroke iskemik, spesifiknya basilar artery thrombosis. Menurut ahli saraf dr Christopher Douglass dari Salford Royal Hospital, kasus ini cukup langka bahkan pada pasien lansia sekalipun.

Pada akhirnya Ben yang sempat dirawat meninggal dunia.

Orang dengan kondisi seperti yang dialami Ben mengalami stroke karena pembuluh darah ke area otaknya tersumbat atau robek. Penyebabnya bisa karena gerakan tiba-tiba pada area leher.

"Pembuluh vena ini bisa rusak karena postur tubuh. Misalnya pelukis saat menengadahkan kepala atau saat memundurkan mobil berusaha menengok dengan memutar kepala," kata dr Christopher.

"Hal yang sama juga bisa terjadi pada pembuluh arteri saat memutar kepala, dan sayangnya tidak ada penjelasan lain. Sangat umum saat kami menginvestigasi 1 dari 5 kasus stroke yang tidak diketahui penyebabnya atau mustahil diketahui," pungkas sang dokter.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)