Sabtu, 07 Des 2019 05:01 WIB

Punya Riwayat Diabetes di Keluarga, Wanita Punya Risiko 'Sulit Hamil'

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
PCOS menyebabkan seorang wanita susah punya keturunan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Sebagian orang yang memiliki riwayat penyakit keluarga diabetes melitus rentan terkena penyakit serupa. Namun, selain itu memiliki riwayat penyakit diabetes melitus ini bisa memicu salah satu risiko menghambat kesuburan atau sulit hamil karena Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

dr Rizka Yurianda, Sp.OG(K), dari RSPAD Gatot Soebroto menjelaskan, SOPK merupakan suatu kumpulan gejala gangguan hormonal yang dapat dialami oleh wanita usia reproduktif. SOPK dikenali saat haid tidak teratur yang berakibat menurunkan kesuburan. Salah satu penyebab SOPK ini terjadi karena genetik, yaitu adanya riwayat keluarga diabetes melitus.



"Penyebabnya macem-macem tapi sebenarnya awalnya itu ada peningkatan androgen di indung telur baik di ovarium. Nah, itu bisa terjadi karena genetik atau pun lingkungan, umumnya kalau genetik itu biasanya ada turunan ibu yang diabetes melitus atau SOPK lagi," ujar dr Rizka saat ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2019).

dr Rizka menambahkan, selain genetik, penyebab lain terjadinya SOPK ini adalah penyakit-penyakit yang terkait dengan resistensi insulin.

"Gangguan karena penyakit-penyakit yang terkait resistensi insulin itu contoh pencetusnya bisa karena kegemukan, kemudian karena lifestyle yang kurang bergerak," pungkas dr Rizka.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)