Sabtu, 07 Des 2019 05:50 WIB

Bahaya Ini Mengintai Jika Lingkar Perut Sudah Menyamai Pinggang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Waspadai ukuran lingkar perut (Foto: iStock) Waspadai ukuran lingkar perut (Foto: iStock)
Jakarta - Punya perut buncit dan tak rutin berolahraga? Jangan sampai menunggu ukuran perut hampir sama seperti pinggang, lho! Karena faktanya dapat memicu beragam penyakit serius.

dr Rizka Yurianda Sp.OG(K), dari RSPAD Gatot Soebroto, menjelaskan obesitas central merupakan kondisi dimana ukuran perut mulai membesar dan terjadi penumpukan lemak pada perut.

"Ya biasanya perutnya besar tapi belum tentu obesitas nih, kalau misalnya diukur ukuran rasio pinggang itu perut itu udah mulai berubah, jadi perut itu misalnya besar dengan pinggang hampir sama kaya rata, itu artinya ada tumpukan di lemak yang menunjukkan adanya obesitas central," ujar dr Rizka saat ditemui di Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2019).



Menurut dr Rizka, sebagian orang yang memiliki bentuk perut yang hampir sama dengan pinggang perlu waspada karena bisa memicu beragam penyakit-penyakit berbahaya.

"Kalau obesitas central terjadi, berarti siap-siap kita mulai waspada karena bisa memicu penyakit syndrome metabolik seperti jantung koroner, diabetes melitus, pokoknya penyakit-penyakit berbahaya yang umumnya faktor lemak ini menjadi pencetus, seperti stroke, begitu," kata dr Rizka

dr Rizka menambahkan, seseorang yang memiliki riwayat penyakit keluarga seperti diabetes militus, dan jantung koroner juga berpotensi terkena Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), indikasi gangguan kesuburan yang disebabkan secara genetik.



Simak Video "3 Gerakan Ampuh Penghilang Lemak Ala Mahendra"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)