Sabtu, 07 Des 2019 07:28 WIB

Bukan 'Dikretek-kretek', Ini Cara Tepat Untuk Mengatasi Leher Pegal

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi kretek leher. Foto: shutterstock
Jakarta - Jika leher terasa pegal, dibunyikan 'kretek-kretek' ternyata bukanlah cara yang tepat. Cara ini malah akan berbahaya hingga menimbulkan risiko seperti stroke hingga kematian.

"Kebiasaan seperti ini bisa berefek pada pembuluh darah leher. Akibatnya, saraf di area batang otak akan terganggu dan berefek pada berbagai bagian saraf lainnya, jadi tidak direkomendasikan," kata ahli saraf dr Indah Aprianti Putri SpS, MSc, dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) pada detikcom, Jumat (6/12/19).

"Untuk mengatasinya, bisa melakukan hal lain seperti berenang, berjalan di air saat berenang, ataupun senam untuk peregangan leher," imbuh dr Indah.

Selain cara itu, beberapa tips lainnya juga bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini seperti yang dikutip dari The Healthy.



1. Beri pijatan

Jika merasa pegal di leher, mintalah orang yang berpengalaman untuk memijat bagian otot trapezius. Mulai dari otot bagian bawah tengkorak kepala hingga ke punggung serta bahu. Pijat dengan lembut, karena ini akan membuat otot-otot di leher lebih rileks.

2. Gerakkan leher perlahan

Selain dipijat, menggerakkan leher secara perlahan juga bisa bantu mengatasinya. Putar searah jarum sebanyak 7-8 kali dan ulangi ke arah yang berlawanan juga. Saat memutar leher ke atas tarik napas, dan saat memutar ke bawah hembuskan. Ini bertujuan agar otot leher lebih rileks dan tidak semakin stres serta pegal.

3. Gerakkan bahu

Cara lainnya, bisa gerakkan bahu ke belakang dan depan. Lakukan ini sambil mengepalkan jari-jari tangan dan angkat lengan ke atas. Arahkan pandangan tetap lurus ke depan serta usahakan jangan membungkuk.

Tahan pada posisi itu selama satu menit, baru turunkan lagi lengannya. Lalu, gerakkan bahu ke belakang dan depan kembali. Ulangi hingga beberapa kali.

4. Lakukan stretching atau peregangan tubuh

Cara melakukannya, letakkan kedua tangan di belakang punggung dengan posisi menggenggam. Angkat tangan hingga otot-otot bahu tertarik. Tahan selama beberapa detik dengan posisi itu, rilekskan tubuh, dan ulangi beberapa kali sampai tubuh terasa lebih nyaman.

5. Kompres leher

Ini mungkin menjadi cara yang paling mudah dilakukan di rumah. Kompres bagian leher yang pegal dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Cara ini akan kembali memperlancar sirkulasi darah. Sebagai alternatif, bisa juga mengompresnya menggunakan air es. Keduanya bisa dicoba agar mengetahui mana yang pas dan sesuai untuk mengatasinya. Lakukan sampai leher terasa membaik.

6. Konsumsi makanan yang mengandung flavonol

Selain cara di atas, bisa juga mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan mengandung flavonol yang memiliki kandungan anti radang, memperlancar aliran darah, dan bisa meredakan nyeri otot. Contohnya, delima, blueberry, jahe, biji labu, dan ceri.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)
Debat Capres AS
×
Biden vs Trump
Biden vs Trump Selengkapnya