Minggu, 08 Des 2019 11:40 WIB

Desy Nurhakiki Kejang-Kejang Sebelum Tutup Usia, Gejala Serangan Jantung?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lewat kesaksian anggota keluarga, Dessy Nurhakiki meninggal setelah mengalami kejang. (Foto: Instagram Desy Nurhakiki) Lewat kesaksian anggota keluarga, Dessy Nurhakiki meninggal setelah mengalami kejang. (Foto: Instagram Desy Nurhakiki)
Jakarta - Selebgram dan bintang FTV Desy Nurhakiki meninggal di usia 25 tahun. Lewat kesaksian anggota keluarga, Dessy meninggal setelah mengalami kejang-kejang di mobil bersama teman-temannya.

"Kejang bisa jadi salah satu gejala ketika seseorang serangan jantung. Hal tersebut terjadi saat cardiac arrest (henti jantung) atau ketika ada aritmia yaitu gangguan irama jantung berat saat serangan jantung," kata spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, saat dihubungi detikcom, Minggu (8/12/201

Disebutkan dr Vito, penyebab utama kematian pada perempuan adalah kanker dan penyakit jantung meski kanker tidak menjadi penyebab kematian mendadak. Pada wanita muda, kemungkinan serangan jantung bisa dipicu oleh kelainan pembuluh darah. Meski demikian, kematian yang disebabkan serangan jantung pada wanita muda tergolong jarang.


"Pada kasus selebgram tadi, kita tidak tahu riwayat almarhum bagaimana. Apakah benar almarhum sehat-sehat saja sebelumnya atau apakah pernah menjalani check up, misalnya," tambah dr Vito.

Selain kejang, ada beberapa gejala lain yang menyertai apabisa seseorang mengalami serangan jantung. Berikut di antaranya dikutip dari WebMD.

- Mual dan nyeri perut
- Nyeri yang menyebar di lengan
- Merasa pusing dan melayang-layang
- Nyeri di rahang dan kerongkongan
- Berkeringat dingin



Simak Video "Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)