Senin, 09 Des 2019 09:13 WIB

Peneliti Temukan Jutaan Bakteri Berbahaya dan Mematikan di Produk Makeup

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Spons makeup bisa jadi sarang bakteri dan jamur. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jika kamu tidak sering membersihkan kuas rias dan spons makeup, kemungkinan besar kulitmu sudah bersentuhan dengan bakteri dan jamur yang berpotensi mematikan.

Sebuah penelitan yang belum lama ini diterbitkan di Journal of Applied Microbiology, mengamati bakteri dan jamur pada 467 alat kosmetik dan alat rias populer termasuk lipstik, eyeliner, maskara, pelembab bibir, kuas dan spons make-up.

Secara mengejutkan, 70-90 persen dari produk tersebut terlah terkontaminasi oleh jamur dan bakteroi termasuk E.coli dan Staphylococcus aureus. Lebih mengkhawatirkan, peneliti menemukan spons kecantikan yang sering digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau concealer adalah produk yang paling banyak mengandung jamur.

Mengutip Insider, peneliti menemukan kontaminasi tersebut karena orang tidak membersihkan atau mengganti secara berkala produk mereka dan bukan penyebab langsung dari make-up itu sendiri.


"Praktik kebersihan yang buruk ketika menggunakan makeup terutama spons, sangat mengkhawatirkan. Terlebih kami menemukan bakteri E.coli yang terkait dengan kontaminasi tinja pada produk yang kami uji," ujar Amreen Bashir, PhD, peneliti di studi tersebut.

Produk kecantikan kemungkinan tidak tercemar saat orang membelinya. Namun banyak orang yang memakai produk lewat dari tanggal kedaluwarsa yang membuat bahan anti-bakteri dalam produk kehilangan kemanjurannya.

Selain itu, risiko terkontaminasi bakteri dan jamur juga akan lebih tinggi pada mereka yang tidak mencuci peralatan make-up secara teratur. Dari sekian ribu responden, 93

Meskipun jamur dan bakteri pada produk-produk ini tidak selalu menyebabkan infeksi, mereka dapat masuk ke luka terbuka ketika seseorang sedang merias wajah. Ini dapat menyebabkan infeksi, termasuk yang resisten terhadap antibiotik dan karenanya sulit untuk diobati dan berpotensi mematikan.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)