Senin, 09 Des 2019 09:42 WIB

Perut Terus Berbunyi Tapi Tak Merasa Lapar? Ahli Beberkan Sebabnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Perut berbunyi belum tentu tanda lapar saja. Foto: iStock Perut berbunyi belum tentu tanda lapar saja. Foto: iStock
Jakarta - Biasanya kita akan mendengar suara dari perut apabila kita merasa lapar. Selebihnya, terdengar suara dari perut itu normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Perut kita akan berbunyi 'krucuk-krucuk' saat menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan sampai ke usus. Dalam proses pencernaan ini, makanan dihancurkan saat mereka lewat.

Dikutip dari Fox News, suara ini bisa jadi disebabkan oleh gas atau udara yang terperangkap dalam liang makanan. Bisa jadi kamu juga mencerna makanan yang sulit untuk dicerna di dalam perut.

Memang seringnya memalukan apabila terdengar ketika kamu tengah berada di tempat umum. Kadang suara ini juga perlu diperhatikan apabila kamu mengalami kentut terus-menerus, sendawa, kembung, nyeri perut, diare, atau konstipasi, maka sangat penting untuk kamu periksakan ke dokter.


Penyebabnya bisa jadi infeksi seperti gastroenteritis atau terlalu banyak minum alkohol. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak bisa menyebabkan suara perut yang keras disertai beberapa masalah. Selain itu ada juga sindrom iritasi usus, saraf, dan juga alergi makanan.

"Kamu bisa menghentikan suara di perutmu jika sangat mengganggu. Caranya mudah, dengan meminum air untuk menyeimbangkan kebisingan di perutmu. Mengonsumsi diet kaya serat juga bisa membantu kesehatan ususmu. Pertimbangkan mengonsumsi makanan yang lebih ringan dan porsi lebih kecil," demikian tulis situs tersebut.

Kemudian mencukupkan waktu tidur juga bisa meredakan masalah perut pula dan membuatmu tidak terlalu stres. Cobalah disertai dengan meminum teh herbal dan mendengarkan musik yang menenangkan.

Aktivitas fisik juga bisa membantu tubuhmu lebih rileks saat ia mencerna. Tetap jaga kebersihan untuk menghindari infeksi. Poin pentingnya, suara krucuk-krucuk tak perlu kamu khawatirkan, kecuali kamu merasakan nyeri dan sakit bersamaan dengan suara tersebut.





Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)