Senin, 09 Des 2019 14:10 WIB

Bakti Sosial FKG UI, Periksa Kesehatan Mulut Lansia dan Pengidap Kusta

Firdaus Anwar - detikHealth
Dilakukan juga sosialisasi sehingga masyarakat lebih sadar soal kesehatan gigi dan mulut. (Foto: dok. FKG UI)
Jakarta - Untuk memajukan masyarakat, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) baru-baru ini melakukan kegiatan pengabdian memeriksa kesehatan gigi dan mulut gratis. Targetnya adalah komunitas lansia di Jakarta Utara dan mantan pasien kusta atau lepra di Tangerang.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, kegiatan bakti sosial oleh FKG UI ini berlangsung selama bulan Agustus hingga Desember 2019. Setidaknya ada sekitar 100 mantan pasien kusta dan 111 lansia yang diperiksa oleh tim FKG UI bekerja sama dengan lembaga lain.

Para kader dari posyandu juga dilibatkan sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih sadar soal masalah kesehatan mulut.


"Selain dilakukan pemeriksaan gigi, pada lansia juga dilakukan pemeriksaan laju alir saliva untuk mendeteksi adanya keluhan mulut kering. Untuk kader posyandu diberikan pelatihan untuk kemudian diaplikasikan ke posyandu tempatnya bertugas," tulis FKG UI.

Lansia menjadi perhatian karena usia harapan hidup penduduk Indonesia yang terus meningkat. Artinya populasi penduduk umur lansia akan semakin bertambah dan hal ini bisa menjadi tantangan karena akan muncul masalah-masalah kesehatan baru.

Sementara itu untuk pasien kusta di sekitar daerah RSUP dr Sitanala, Tangerang, dilakukan bakti sosial untuk mendorong komunitas menjadi lebih produktif. Sekitar lebih dari 20 tahun yang lalu para mantan penderita kusta memilih bertempat tinggal di sana sehingga akhirnya muncul sebutan Kampung kusta.



Simak Video "Veronica Tan Bikin Layanan Homecare untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)