Selasa, 10 Des 2019 11:30 WIB

Waspada Virus Batuk Cepat Menyebar, Ini Cara Penanganannya

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Saat seseorang batuk, virus dapat menular setiap saat dan menular dengan cepat, bahkan dalam jarak tertentu dapat menyebar lebih jauh daripada orang kira. Termasuk virus yang kontak dengan tubuh orang sehat, meski tidak selalu benar-benar membuat sakit.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi menjelaskan, pada dasarnya batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing di dalam saluran pernafasan. Refleks batuk akan terbangkitkan melalui reseptor saraf di sepanjang saluran pernafasan dan memberikan informasi ke pusat batuk di otak sehingga terjadi batuk.

"Virus flu merupakan salah satu penyebab batuk. Selain itu, infeksi kuman lain, peradangan dan pencetus kimia lain juga dapat memnyebabkan batuk," ujar dr Helmin kepada detikHealth baru-baru ini.


Untuk virus flu, lanjut dr Hemlin, batuk merupakan salah satu cara penularan virus. Diketahui, saat seseorang penderita flu ketika dia batuk, maka akan menyebarkan virus ke sekitarnya sampai jarak 2 meter.

"Virus juga dapat menginfeksi sampai kurang lebih 24 jam. Namun dapat bertahan sampai beberapa hari di atas permukaan benda-benda di sekitar kita," tambahnya.

Karena itu, untuk mencegah penularan virus tersebut, perkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan ikuti tindakan pencegahan kontak dasar. Selain itu, kualitas makan juga mempengaruhi daya tahan tubuh yang kuat untuk dapat mencegah diri dari penularan penyakit.

"Untuk orang sehat, tetap jaga pola hidup sehat, sering mencuci tangan dan gunakan masker terutama di area publik," pesannya.

Sementara bagi penderita, dr Helmin menyarankan agar segera minum obat dan gunakan masker untuk mencegah penularan. Selain itu, atasi segera dengan obat batuk tapi pastikan kenali dahulu jenis batuknya agar obat yang dipilih cocok dengan gejala yang muncul.


Jika obatnya tepat, batuk pun bisa mereda lebih cepat. Jika batuk berdahak, Anda bisa pilih Woods Expectoran. Sedangkan jika tidak berdahak pilih obat batuk Woods Antitusive.

Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)