Selasa, 10 Des 2019 18:47 WIB

Stres Karena Polusi, Mandi Air Hangat Bisa Jadi Solusi

Uji Sukma Medianti - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Memiliki kehidupan di kota besar seperti Jakarta tentu rentan terkena stres. Penyebabnya bisa karena macet yang menjadi makanan sehari-hari, tuntutan pekerjaan yang tiada habisnya juga gaya hidup yang tak sehat.

Di samping tiga masalah tadi, ada juga hal serius yang menghantui warga di kota besar yakni polusi udara. Bahkan, pada Oktober 2019 lalu Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terburuk kedua di dunia dengan indeks 187 atau tidak sehat. Sangat jauh dari kata sehat!

Hal ini ternyata memberi dampak pada kesehatan mental. Psikolog Klinis dari Personal Growth Veronica Adesla menuturkan korelasi polusi udara dan dampaknya pada kesehatan mental kurang lebih lantaran adanya ketimpangan antara kondisi lingkungan dengan kendali individu untuk mengubah kondisi tersebut.


"Contohnya kita merasa khawatir ketika langit Jakarta yang gelap karena polusi, namun kita sendiri tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengembalikan kondisi udara menjadi bersih seperti dulu," tutur Vero di Hotel Morissey, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Gangguan kesehatan mental atau stres ini bisa dilihat setidaknya dari beberapa indikator seperti sulit berkonsentrasi, berpikir negatif, mudah tersinggung, moody, depresi, sering flu hingga nervous habits.

Cara menanggulanginya tidak sesederhana hanya pindah domisili. Tetapi ada tahapan-tahapan seperti menjadi good life habits atau kebiasaan hidup yang baik. Seperti berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, menerapkan pola makan sehat serta relaksasi. Relaksasi yang paling mudah, kata Vero, dengan mandi menggunakan air hangat.

"Air hangat dapat menurunkan gelombang theta, yaitu gelombang yang mempresentasikan mental strain," jelasnya.

Air hangat juga mampu mengaktifkan pineal gland untuk memproduksi melatonin, sehingga meningkatkan kualitas tidur. Lebih lanjut lagi, berendam dalam air hangat ternyata dapat memperbaiki mood.

"Berendam dalam air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah dan membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme tubuh, sehingga membuat tubuh dan pikiran lebih segar," tuturnya.

Stres Karena Polusi, Mandi Air Hangat Bisa Jadi SolusiFoto: Uji Sukma Medianti/detikcom

Masalah polusi ini, menjadi concern khusus bagi produsen water heater asal Italia, Ariston. Marketing Director Ariston Indonesia Erwin Lim menuturkan pihaknya mempelajari polusi menjadi problem yang dialami oleh jutaan keluarga di Indonesia.

"Kami telah bekerja sama dengan beberapa expert untuk memberikan solusi, ternyata mandi air hangat adalah solusinya. Salah satu produk unggulan kami adalah Andris Lux. Water heatery dari Italia yang memiliki heating element yang dilapisi dengan Incoloy Enamel," tuturnya.


Selain berfungsi untuk melindungi korosi, lapisan Incoloy Enamel juga mencegah kalsium yang terkandung dalam air sehingga proses pemanasan menjadi lebih efisien dan tahan lama.

Simak Video "Sindiran Menkes: Kalau Saya Batuk, Lalu Dianggap Kena Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)