Selasa, 10 Des 2019 21:01 WIB

Aida Saskia Prank Bunuh Diri, Dokter Jiwa: Artis Harusnya Bantu Edukasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Screenshoot Aida Saskia mau bunuh diri / Ist
Jakarta - Percobaan bunuh diri artis Aida Saskia yang disiarkan live melalui Instagram dikonfirmasi oleh sang manajer, Madi, hanya prank alias iseng. Madi menegaskan kondisi kesehatan Aida Saskia saat ini baik-baik saja.

"Baik-baik aja. Itu cuma prank," ujar Madi pada awak media, Selasa (10/12/2019).

Ahli kesehatan jiwa dr Andri, SpKJ, FAPM, dari RS Omni Alam Sutra mengaku prihatin dan sedih bila ada tokoh publik menjadikan bunuh diri sebagai bahan candaan. Menurut dr Andri para tokoh publik seharusnya menjadi orang yang ikut berjuang memberikan edukasi soal kesehatan jiwa.



"Orang kita, apalagi kalau itu (yang bercanda) dianggap sebagai artis atau public figure, harusnya mereka membantu untuk meningkatkan awareness tentang keadaan kita di Indonesia yang stigma terhadap depresi itu sangat besar," kata dr Andri saat dihubungi detikcom.

"Tolong bantu kita para public figure, artis-artis, yang sebenarnya saya yakin banyak mengalami masalah kejiwaan walaupun mungkin belum sampai diagnosis klinis. Ayo bantu kita untuk meningkatkan awareness masalah kejiwaan," lanjutnya.

Saat seseorang menjadikan bunuh diri sebagai bahan bercandaan, hal ini disebut dr Andri berbahaya karena dapat mendorong orang-orang yang memang punya niat bunuh diri.

"Saya ingin menegaskan itu aja lah. Jangan jadikan (bunuh diri) bahan candaan karena masih banyak yang berjuang," pungkas dr Andri.



Simak Video "Kasus Bunuh Diri Anak Muda di Korsel Meningkat 2 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)