Rabu, 11 Des 2019 07:00 WIB

7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Virgina Maulita Putri - detikHealth
7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Foto: shutterstock
Jakarta - Vitamin C atau asam askorbat dibutuhkan tubuh untuk membentuk pembuluh darah, otot dan kolagen di tulang. Tidak hanya itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan.

Tapi, vitamin C merupakan jenis vitamin esensial yang artinya tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Kalian harus mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk memenuhi asupan vitamin C harian.



Makanan yang kaya akan vitamin C antara lain jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, kale dan bayam. Selain dari makanan, kebanyakan orang memenuhi kebutuhan vitamin C mereka dengan mengonsumsi suplemen dan tablet vitamin C.

Berikut 7 manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit yang dirangkum detikHealth:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang bisa memperkuat ketahanan tubuh. Antioksidan bekerja dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Paparan radikal bebas berlebih bisa menyebabkan penumpukan. Penumpukan radikal bebas bisa mendorong kondisi yang disebut stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C bisa meningkatkan level antioksidan darah hingga 30% dan membantu tubuh melawan peradangan.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Vitamin C bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa sehat dan orang dewasa dengan tekanan darah tinggi.

Analisis dari 29 penelitian yang dilakukan pada manusia menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin C bisa mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg pada orang dewasa sehat. Sedangkan tekanan darah diastolik menurun sebesar 1,48 mmHg pada orang dewasa sehat.

3. Melawan Penyakit Jantung

Banyak faktor bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung,termasuk tekanan darah tinggi, level kolesterol jahat yang tinggi dan level triglyceride.

Vitamin C bisa mencegah faktor risiko di atas yang kemudian menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Analisis dari 15 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C dari makanan, bukan suplemen, bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.



4. Menurunkan Kadar Asam Urat

Beberapa studi menemukan bahwa vitamin C bisa menurunkan kadar asam urat dan melindungi orang dewasa dari encok. Studi yang dilakukan kepada 1.387 laki-laki menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti membuat sel darah merah dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi lebih baik dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Vitamin C bisa mengubah zat besi yang sulit diserap, seperti zat besi dari sayuran, menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diserap.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu alasan orang-orang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah karena kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sendiri terlibat dalam banyak bagian sistem daya tahan tubuh.

Misalnya, vitamin C bisa mendorong produksi sel darah putih yang bisa melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, vitamin C juga merupakan bagian penting dari kesehatan kulit karena fungsinya sebagai antioksidan dan memperkuat lapisan kulit.

7. Mengurangi Risiko Demensia

Manfaat vitamin C lainnya adalah mengurangi risiko demensia dan menjaga fungsi otak. Dementia sendiri adalah istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan gejala kesulitan berpikir dan mengingat.

Beberapa studi menemukan bahwa penderita demensia memiliki level vitamin C yang lebih rendah di darah. Sedangkan asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen bisa melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seiring menua.

Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)