Rabu, 11 Des 2019 14:06 WIB

Kata Dokter Soal Dampak Kebiasaan Bunyikan Tangan Saat Pegal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi bunyikan tangan. Foto: iStock
Jakarta - Saat tangan terasa pegal, kita terbiasa membunyikan tangan sebagai solusi menghilangkan rasa pegal. Namun, aman kah bila dilakukan secara terus menerus? Adakah efek yang terjadi akibat kebiasaan membunyikan tangan ini?

Ditemui detikcom dalam acara penghargaan pusat layanan kesehatan kerja (PLKK), ahli ortopedi dr Bambang Gunawan, SpOT (K), dari Rumah Sakit MMC menjelaskan kebiasaan membunyikan tangan dapat berakibat buruk jika dilakukan secara berkepanjangan.

"Kalau dikatakan bahaya sebenarnya nggak, cuman berakibat buruk iya. Jadi jangka panjang kalau itu sering dilakukan itu kan sebenarnya membuat sendi seperti mau lepas, kembali lagi, lepas kembali lagi, itu membuat perubahan pada sendinya atau tulang rawannya yang akhirnya itu akan menjadi lebih mudah haus," ujar dr Bambang, Rabu (11/12/2019).



dr Bambang menjelaskan lebih jauh kebiasaan membunyikan tangan nantinya bisa menghambat aktivitas gerak tangan itu sendiri.

"Kalau mudah haus itu biasanya nanti akan disertai dengan nyeri, gerakannya jadi terhambat, atau aktivitasnya jadi berkurang."

Maka dari itu, dr Bambang menyarankan untuk mulai mengganti kebiasaan membunyikan tangan ketika merasa pegal.

"Ya dihindari, itu kan soal kebiasaan. Jadi kalau misalnya pegal itu kan biasanya karena kelelahan ya, karena ototnya nggak kuat, kecapekan, dan sebagainya. Yang diatur penyebabnya, atau kalo memang terpaksa harus mengerjakan itu, ya dipersiapkan supaya otot dilatih lebih kuat gitu menghadapi aktivitas-aktivitas yang berisiko atau yang berat," pungkasnya.



Simak Video "Capek Duduk di Kantor? Lakukan Dulu 5 Peregangan Berikut!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)