Kamis, 12 Des 2019 08:00 WIB

Penyebab Serangan Jantung pada Wanita yang Tak Ada pada Pria

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Serangan jantung pada wanita punya faktor risiko yang lebih luas dibanding pada pria (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Diabetes, obesitas, hipertensi, dan gaya hidup yang kurang aktivitas umumnya menjadi penyebab utama seseorang terkena serangan jantung. Namun pada wanita ada beberapa kondisi yang membuatnya rentan mengalami serangan jantung, salah satunya adalah kehamilan.

Ditemui detikcom, dr Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, menjelaskan penyebab atau faktor yang terjadi pada serangan jantung wanita cenderung lebih luas.

"Untuk wanita ada beberapa kondisi lain yang nggak ada pada laki yang ini bisa berpengaruh ke jantung. Contohnya apa, kehamilan. Ini juga ada pengaruh ke jantung, hipertensi pada kehamilan ini akan berpengaruh pada fungsi jantung. Kemudian, diabetes pada kehamilan, itu juga akan mengganggu fungsi jantung," ujarnya di GoWork Rajawali, Jakarta Selatan, (11/12/2019).



Selain itu dr Sally menambahkan, faktor wanita cenderung lebih mudah terkena serangan jantung bisa terjadi karena breast cancer. Pengobatan breast cancer berpotensi mengakibatkan wanita terkena serangan jantung.

"Faktor lainnya itu breast cancer, kanker payudara. Meskipun pernah terjadi di pria, tapi kan wanita yang lebih banyak terkena kanker payudara. Beberapa obat-obatan breast cancer terutama kemoterapinya itu yang berpengaruh ke fungsi jantung," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)