Kamis, 12 Des 2019 11:03 WIB

Asiiik! Kulit Ayam Ternyata Sehat untuk Dimakan Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kulit ayam goreng. Foto: iStock Ilustrasi kulit ayam goreng. Foto: iStock
Jakarta - Tiada dusta bahwa bagian terbaik dari ayam adalah kulitnya. Karena kandungan lemaknya, kulit ayam kerap kali dijadikan 'kambing hitam' dari berbagai macam penyakit sehingga selalu dihindari untuk dikonsumsi.

Tetapi penelitian yang dilakukan para pakar kesehatan dari Harvard University menunjukkan hal sebaliknya. Menurut mereka, memakan kulit ayam tidak secara berlebihan atau dalam jumlah sedang tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.

Satu porsi 340 gram ayam dengan kulit di atasnya hanya memiliki 50 kalori lebih banyak daripada ayam tanpa kulit dengan ukuran porsi yang sama. Kulit ayam mengandung lemak tak jenuh yang diyakini para pakar di Harvard School of Public Health justru terkait dengan penurunan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah.



Sementara itu menurut Sheena Smith, ahli naturopath dan ahli gizi klinis dari Integrated Medicine Institute, permasalahan kulit ayam ini tergantung pada cara memasaknya.

"Cara memasak kulit juga penting. Jika kamu mencelupkan kulit ayam ke dalam adonan dan remah roti kemudian menggorengnya, maka kamu mengubah makanan ini menjadi sesuatu yang tidak sehat," jelasnya dikutip dari South China Morning Post.

Ditambahkan oleh ahli nutrisi dari Singapura, Susie Rucker, mencari tahu asal ayam yang akan dikonsumsi juga sama pentingnya. Sebaiknya konsumsi ayam yang sehat dan dipelihara dengan baik, seperti tidak diberikan suntikan hormon atau antibiotik sebelumnya.

"Karena kulitnya kebanyakan mengandung lemak, bagian dari ayam ini bisa sangat beracun ketika dimakan. Namun, jika kamu tahu bahwa ayam itu dipelihara dengan baik, maka lanjutkan dan konsumsi kulitnya, tetapi lakukan dalam jumlah kecil," saran Susie.



Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)