Kamis, 12 Des 2019 15:55 WIB

Banyak Memar di Tubuh, Dua Balita Ini Terinfeksi Parasit Cacing Pita

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tubuh dua balita ini memar karena terinfeksi cacing pita. Foto ilustrasi: iStock Tubuh dua balita ini memar karena terinfeksi cacing pita. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Beberapa bagian tubuh dua balita asal China dipenuhi memar yang awalnya tidak diketahui sebabnya. Tapi, setelah diperiksa lebih lanjut oleh dokter ternyata mereka mengalami infeksi parasit cacing pita babi.

Kedua balita yang terdiri dari laki-laki berusia 3 tahun dan saudara perempuannya usia 1 tahun mulai mengalami memar di kulit tubuhnya pada bulan Oktober lalu. Lalu keduanya dirawat di Rumah Sakit Rakyat Ketiga Shenzhen pada awal November, setelah dilihat memar itu terus bermunculan.

"Anak itu akhirnya dirawat karena memar di tubuhnya terus bermunculan, terutama di empat anggota tubuh. Para dokter memutuskan untuk meninjau keadaannya lebih jauh lagi," jelas dr Wang Xianfeng, selaku dokter anak di rumah sakit tersebut.

"Pihak keluarga mengatakan, saudara laki-lakinya juga mengalami hal yang sama. Dari situ, kami terus mencari penyebabnya dan melakukan berbagai tes lebih lanjut," imbuhnya yang dikutip dari laman Fox News.

Setelah di tes, para dokter menemukan bahwa di tubuh dua balita tersebut bersarang larva Taenia solium atau cacing pita babi. Ini bisa menular ke manusia melalui konsumsi daging sapi atau babi yang masih kurang matang hingga yang mentah.

"Larva itu ditemukan hidup di antara kulit dan daging mereka, itulah yang menyebabkan nodul atau memar," ujar dr Xiangfeng.

Ia mengatakan, untuk mengatasinya kedua balita itu telah diberikan obat antiparasit untuk membasmi larva. Selain itu, para dokter juga terus memantau perkembangan kesehatan dari keduanya.


Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)