Kamis, 12 Des 2019 17:32 WIB

Viral di Twitter, Dari Mana Asalnya Chair Challenge?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Asal usul Chair Challenge. Foto: Twitter Asal usul Chair Challenge. Foto: Twitter
Jakarta - Jagad media sosial seringkali dipenuhi tantangan atau challenge unik, bahkan banyak diikuti netizen. Sebelumnya di Indonesia, juga hadir #JokowiChallenge untuk menirukan gaya kaki Presiden Jokowi duduk saat perkenalan menteri beberapa waktu lalu.

Tapi, kini media sosial khususnya Twitter diramaikan dengan chair challenge, apa itu? Chair challenge adalah tantangan untuk mengangkat kursi dengan posisi tubuh yang membungkuk ke arah dinding.

Untuk melakukannya, kamu perlu menghadap ke dinding sedekat mungkin, kemudian mundur tiga langkah ke belakang. Bungkukkan badan hingga membuat sudut 90 derajat dan coba angkat kursi sambil kembali berdiri tegak.


Sebenarnya, The Chair Challenge ini sudah ada jauh sebelum banyaknya media sosial. Ini pertama kali diciptakan sebagai permainan yang dilakukan di ruangan pada tahun 1970-an. Lalu, pada tahun 1971, permainan ini muncul di sitkom CBS All In The Family hingga diketahui orang banyak.

Dikutip dari INewsletter, permainan ini kembali muncul pada tahun 2009 melalui unggahan Youtube. Dan dalam beberapa minggu terakhir, tantangan ini juga ramai di aplikasi TikTok dan viral hingga merambah Twitter.

Namun, dari banyak orang yang mencobanya, mayoritas kalangan pria tidak bisa melakukannya dibandingkan dengan wanita. Banyak ahli menduga, perbedaan letak titik pusat gravitasi atau beban tubuh yang jadi penyebabnya. Letak titik pusat gravitasi pria yang lebih dekat dengan kursi mengakibatkannya sulit untuk berdiri kembali sambil mengangkat bebannya.

"Nah, karena posisi penyangga berat (katrol) yang dekat dengan beban atau kursi itu membuat fungsi katrol tidak baik. Akhirnya, pada pria kontraksi otot punggung tersebut tidak cukup untuk mengangkat kursi," ujar dokter spesialis olahraga, dr Sophia Hage, SpKO pada detikcom, Kamis (12/12/19).



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)