Kamis, 12 Des 2019 18:22 WIB

Turun Kelas BPJS Kesehatan Bisa Urus di Mobil Layanan Keliling

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)
Jakarta - Mobile Customer Service (MCS) adalah layanan kesehatan terobosan terbaru BPJS yang berjalan sejak 9 Desember 2019. MCS ini tersebar di seluruh Indonesia untuk memudahkan pelayanan BPJS Kesehatan sebagai opsi alternatif lain selain mengunjungi kantor BPJS.

Beberapa orang terlihat mengajukan proses turun kelas kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang melalui pelayanan jemput bola Mobile Customer Service (MCS). Salah satunya, AA Khosiah yang sedang mengurus penurunan kelas dari kelas II ke kelas III, demi menghindari kenaikan iuran JKN untuk peserta mandiri per 1 Januari 2020.

"Tadi saya tanya Ibu Khosiah. Dia itu kelas II yang menanggung satu Kepala Keluarga (KK) ada 4 orang. Sebelumnya berarti uang yang keluar totalnya Rp 200 ribu-an, satu orang bayar iurannya Rp 51 ribu. Jadi, kalau misalnya menunggak, dia biasa bayar Rp 200 ribu lebih sebulan, karena kemudian perubahan kelas membayar Rp 160 ribu per bulan. Maka ke depannya artinya tunggakan tidak menggulung besar," jelas Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/12/2019).



Meskipun pelayanan BPJS semakin mudah diakses, Fachmi menegaskan kualitas medik akan tetap diperhatikan.

"Kami ingin memberikan kemudahan kepada pelanggan, terutama bagi yang ingin turun kelas. Tetapi bagaimana pun juga perubahan kelas yang ada tetap saja kualitas medik terjaga," pungkasnya.



Simak Video "Anteng di Rumah Tetap Bisa Dapat Fasilitas BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)