Kamis, 12 Des 2019 21:00 WIB

Tonsilitis: Kenali Gejala, Penyebab hingga Pengobatannya

Sudiarto Putra - detikHealth
Tonsilitis. Foto: thinkstock
Jakarta - Penyakit amandel adalah inflamasi pada palatine tonsil yang disebabkan oleh inveksi virus atau bakteri Streptotokus. Meskipun menimbulkan rasa yang tidak nyaman, tonsilitis pada umumnya bukan merupakan penyakit serius. Infeksi tonsillitis biasa terjadi pada anak-anak yang masih berusia muda sekitar 5 hingga 15 tahun. Kondisi ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Penyakit tonsillitis merupakan kelenjar getah bening yang terletak di dalam mulut bagian belakang atau tenggorokan bagian atas. Angka kejadian penyakit ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada pasien laki-laki maupun perempuan.


Tonsillitis merupakan penyakit yang dapat diatasi dengan cara kita mengendalikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit tonsillitis timbul. Maka dari itu kenali tanda-tanda gejala dan penyebab yang dapat menyebabkan radang amandel.

Berikut penjelasan tentang gejala, penyebab, dan pengobatan penyakit radang amandel yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Apa Gejala yang Biasa Timbul?

Gejala radang amandel pada umumnya biasa muncul 2-4 hari setelah tertular penyakit ini.

Berikut tanda-tanda dan gejala yang sering dirasakan:

· Radang tenggorokan
· Suara serak
· Kehilangan nafsu makan
· Sakit kepala
· Leher kaku
· Demam disertai badan menggigil
· Amandel terlihat merah dan bengkak
· Sulit membuka mulut

Penyebab Penyakit Tonsilitis

Penyebab terjadinya penyakit tonsilitis pada anak biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Ada beberapa virus yang dapat menyebabkan penyakit tonsillitis diantaranya adalah virus influenza (flu) dan virus Epstein Barr (EBV).

Bakteri penyebab datangnya penyakit tonsillitis umumnya adalah Streptococcus Pyogenes (grup A strepcoccus). Bakteri ini juga bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Bagaimana Cara Mengobati Jika Mengalami Penyakit Tonsilitis?

1. Antibiotik

Antibiotik sangat membantu tubuh untuk melawan infeksi dan juga dapat membantu meredakan gejala-gejala peradangan secara cepat. Namun, mengonsumsi obat-obatan tersebut dapat menyebabkan resiko resistensi antibiotik. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan akan menimbulkan efek samping.

2. Operasi

Operasi pengangkatan amandel disebut tonsilektomi. Prosedur ini biasa dilakukan hanya pada penderita radang amandel yang sudah kronis atau berulang.

3. Pengobatan di Rumah

Pada saat melakukan pengobatan rumahan yang paling penting adalah mengubah gaya hidup dengan menjadi lebih sehat.

Apa saja gaya hidup yang bisa diterapkan saat melakukan pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi radang amandel:

· Perbanyak minum air putih
· Istirahat yang cukup
· Konsumsi pelega tenggorokan
· Hindari asap terutama bagi perokok

Jadi, itulah penjelasan tentang penyakit tonsilitis yang harus kalian ketahui mulai dari gejala hingga cara mengobati penyakit tonsilitis. Hal terpenting adalah selalu melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari segala virus penyakit yang menyerang.





Simak Video "Lihat Kunci Sukses Swiss Jadi Negara Teraman COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)