Jumat, 13 Des 2019 03:02 WIB

Mengenal 5 Sistem Ekskresi Pada Manusia

Tasya Awlia - detikHealth
Foto: iStock/Mengenal 5 Sistem Ekskresi Pada Manusia
Jakarta - Akibat aktivitas sehari-hari, di dalam tubuh manusia muncul racun-racun yang harus dikeluarkan. Untuk membuang racun, manusia bisa mengeluarkannya melalui keringat atau buang air kecil.


Semua proses pembuangan dalam tubuh diatur oleh sistem ekskresi. Hal tersebut merupakan cara alami tubuh membuang racun dalam tubuh. Ada 5 organ tubuh yang menjadi sistem pembuangan.



Berikut 5 Sistem Ekskresi Pada Manusia :


1. Ginjal


Ginjal merupakan organ ekskresi yang berbentuk seperti kacang. Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urin.


Keseluruhan proses ekskresi yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan senyawa kimia lainnya agar tubuh stabil.


2. Hati (Liver)


Hati juga merupakan salah satu sistem ekskresi pada manusia. Hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun.


Sementara memecah limbah dari darah, dipecah oleh hati menjadi zat bernama urea. Kemudian Urea akan dibawa ke ginjal melalui darah untuk diubah menjadi urine.


3. Usus dan Lambung


Usus dan Lambung merupakan sistem pencernaan, yang utama dalam memecah makanan dan menyerap nutrisi agar diserap oleh tubuh.


Sisa makanan yang belum tercerna akan dibawa ke usus besar, dalam usus besar akan dipisahkan cairan, zat serta makanan yang tidak tercerna, untuk menjadi feses dan keluar melalui anus saat BAB.

Selanjutnya
Halaman
1 2