Jumat, 13 Des 2019 07:00 WIB

Musim Hujan yang Dingin Bikin Sering Kebelet Pipis, Kenapa Ya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Cuaca dingin di musim hujan bikin sering ke kamar mandi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Cuaca dingin cenderung membuat kita lebih sering kencing daripada bisanya. Musim hujan yang dingin juga tak elak dari membuatmu bolak balik ke kamar mandi, dan menurut ahli itu adalah hal yang lumrah.

Dikutip dari Mirror, hal ini disebabkan adanya proses biologis yang disebut diuresis dingin yang terjadi saat temperatur tubuh menurun. Dr Diana Gall dari layanan medis online Doctor 4 U menjelaskan mengapa hal ini terjadi dan bagaimana mengatasinya.

"Respons biologis ini untuk mengarahkan ulang darah dari inti tubuh untuk menciptakan hangat, sementara ginjal melepaskan cairan ekstra untuk menstabilkan tekanannya. Dan dari proses inilah yang mendorong produksi urine yang memberimu rasa kebelet kencing lebih sering di bulan-bulan yang dingin," katanya.



Ia melanjutkan, sekarang ini masih kurang riset ilmiah mengenai fenomena tersebut. Yang artinya kita tak tahu seberapa rendah tuuh sampai efek ini berlaku. Oleh karena itu Dr Gall menyarankan untuk tetap menjaga kehangatan dan hindari berdiri di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama.

Kencing yang sering juga 'merusak' keseimbangan alami tubuhmu, bahkan di beberapa kasus bahkan bisa menjadi fatal. Sering kencing karena diuresis sebenarnya bisa merusak kandungan keseimbangan garam, air, dan mineral alami tubuhmu, tutur Dr Gall.

Sehingga bisa menyebabkan kondisis seperti hiponatremia, di mana tak ada cukup sodium dalam tubuh, atau hiperkalemia, terlalu banyak potasium, dan hipokalemia, tak cukup potasium.

"Ketiga kondisi ini bisa menjadi fatal dalam kondisi ekstrem. Dan jika kamu pipis terlalu banyak, kamu harus mengisi ulangnya untuk mencegah dehidrasi," tandas Dr Gall.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)