Jumat, 13 Des 2019 09:30 WIB

Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Musim hujan, konon penyakit lebih gampang menyerang (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Musim hujan telah datang, risiko untuk kehujanan pun semakin besar. Biasanya, setelah kehujanan tubuh menjadi tidak enak rasanya atau kita sering menyebutnya masuk angin. Memang kehujanan bisa bikin sakit?

Menurut praktisi kesehatan dr Dewi Ema Anindia itu hanyalah mitos belaka. Bukan kehujanan yang membuat seseorang sakit, namun daya tahan tubuhnya lah yang tengah melemah.

"Ketika daya tahan tubuh lemah, maka tubuh akan mudah terserang virus atau bakteri sehingga menyebabkan beberapa penyakit, seperti influenza," ujarnya kepada detikcom, Kamis (12/12/2019).



Selain daya tahan tubuh, faktor perbedaan tekanan udara yang terjadi saat hujan pun dapat menyebabkan nyeri kepala. Ini lah mengapa setelah kehujanan sakit kepala pun datang menyerang.

Agar tidak sakit setelah kehujanan, dr Ema, sapaan akrabnya, menyarankan untuk segera mandi dan beristirahat yang cukup.

"Segera ganti baju yang basah menjadi kering, mandi dengan air bersih, konsumsi air putih yang cukup, minum vitamin, dan istirahat yang cukup," anjurnya.



Simak Video "Disebut Mampu Bunuh Corona, Berikut Penjelasan Soal Manfaat Berjemur"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)