Jumat, 13 Des 2019 10:00 WIB

Ini 5 Obat Batuk Bayi yang Aman, Apa Saja Ya?

Lusiana Mustinda - detikHealth
Obat batuk bayi alami. Foto: thinkstock Obat batuk bayi alami. Foto: thinkstock
Jakarta - Batuk sering terjadi pada si kecil. Namun untuk bayi, sebaiknya jangan diberikan obat terlebih dulu. Bunda bisa coba beberapa obat batuk alami dan aman di rumah.

Batuk merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mengeluarkan zat asing dari saluran pernapasan di dalam tubuh. Sebelum diberikan obat, ada baiknya bunda mencoba beberapa cara alami untuk meredakan batuk pada si kecil.



Batuk yang terjadi pada bayi umumnya adalah batuk kering yang mengganggu dada dan bisa menjadi gejala pilek atau flu. Batuk dengan bunyi mengi bisa jadi merupakan gejala asma atau bronkiolitis.

Jangan khawatir jika si kecil mengalami batuk. Selain memperbanyak asupan cairan seperti air putih dan ASI. Berikut beberapa cara ini bisa jadi obat batuk bayi baru lahir hingga anak-anak:


1. Madu

Madu mengandung zat antiradang dan antibiotik alami. Madu dapat bermanfaat sebagai obat batuk alami. Namun madu sebaiknya jangan diberikan untuk anak-anak di bawah satu tahun. Berikan 1/2 hingga 1 sendok teh madu yang dicampur dengan air hangat atau sedikit perasan air lemon yang tinggi vitamin C.

Racikan madu ini bisa jadi obat batuk anak alami.


2. Bawang

Obat batuk bayi umur 2 bulan bisa menggunakan bawang merah sebagai obat batuk alami (https://www.detik.com/tag/batuk). Caranya, kamu bisa mengiris bawang menjadi beberapa bagian dan tempatkan irisan bawang di samping tempat tidur si kecil.

Manfaat bawang dalam meredakan batuk didapat melalui efek uap yang keluar dari irisan bawang tersebut dan bawang merah bersifat menyerap virus.

Obat batuk bayi alami.Obat batuk bayi alami. Foto: iStock


3. Tetes Saline (Air Garam)

Kamu bisa memberi larutan ini di apotek dan menggunakan pipet untuk meneteskan larutan ke hidung atau telinga anak saat tersumbat. Saat memberikannya, posisikan kepala anak menengadah ke atas sebelum memberikan 2-3 tetes pada setiap lubang hidung dan diamkan setidaknya 30 detik. Cara ini bisa membantu meredakan batuk dan flu pada anak.


4. Uap

Biasanya batuk pada si kecil dibarengi juga dengan gejala-gejala flu. Menghirup udara lembab dapat membantu melancarkan pernapasan yang tersumbat akibat lendir. Si kecil bisa ditempatkan di ruangan beruap hangat sekitar 15 menit. Jika kamu menggunakan mesin uap, kamu harus sering membersihkan mesinnya agar tak dibumbui jamur atau lumut.


Obat batuk bayi.Obat batuk bayi. Foto: iStock

5. Memposisikan Kepala Anak Lebih Tinggi

Memposisikan kepala anak lebih tinggi bisa jadi obat batuk bayi 1 bulan hingga anak-anak. Caranya adalah dengan menambahkan bantal atau dengan menyelipkan beberapa gulung handuk di bawah kasur jika si kecil gelisah tidur karena batuk (https://www.detik.com/tag/batuk) dan flunya.





Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)