Jumat, 13 Des 2019 13:08 WIB

Ardi Bakrie Makan Mie Instan Kedaluwarsa, Ternyata Bisa Begini Efeknya

Nurul Khotimah - detikHealth
Foto: tangkapan layar Instagram
Jakarta - Sebagian besar dari kita terkadang menyimpan stok makanan dalam lemari dapur atau pendingin. Seperti menyimpan mie instan dalam jangka waktu lama, karena biasanya masa kedaluwarsanya pun lama juga. Namun karena sering kelupaan hingga melewati tenggat waktu kedaluwarsanya.

Rasa mie instan yang enak kerap disayangkan jika dibuang. Seperti suami Nia Ramadhani, Ardhi Bakrie yang menyukai mie instan hingga masih mengonsumsinya meski sudah kedaluwarsa. Apakah makan makanan kedaluwarsa ini aman?

Meski ada beberapa pendapat yang mengatakan makan makanan kedaluwarsa melewati sehari dua hari tidak masalah, namun mengonsumsi makanan kedaluwarsa bukan berarti tanpa risiko lho. Makan makanan kedaluwarsa atau makanan yang sudah melewati tanggal terbaiknya dapat membuat tubuh terkena bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan demam.


Ahli diet terdaftar Jenn Fillenworth mengatakan bahwa kemungkinan tidak ada yang akan terjadi ketika makan makanan yang telah satu atau dua hari melewati masa kedaluwarsa.

"Ketika mengonsumsi makanan melewati tanggal yang disarankan, makanan bisa kehilangan sebagian nilai gizinya," kata Fillenworth, dikutip dari Insider, Jumat (13/12/2019).

Sementara menurut ahli gizi, Summer Yule, MS, gejala penyakit yang akan muncul akibat makan makanan kedaluwarsa yang rusak, meliputi demam, kedinginan, kram perut, diare, mual, dan muntah.

"Jika Anda makan makanan melewati tanggal kedaluwarsa, Anda bisa mengalami gejala keracunan makanan," jelasnya.

Jadi, sebaiknya tetap berhati-hati ketika mengonsumsi makanan kedaluwarsa. Lebih baik mengikuti aturan tanggal kedaluwarsa jika ingin menghindari bahaya yang mengancam kesehatan.



Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)