Jumat, 13 Des 2019 16:35 WIB

Makan Mie Instan Kedaluwarsa Seperti Ardi Bakrie, Adakah Efek Sampingnya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ardi Bakrie makan mi instan kedaluwarsa. (Foto: tangkapan layar Instagram)
Jakarta - Ardi Bakrie belum lama ini jadi sorotan publik. Bagaimana tidak, suami Nia Ramadhani ini mengungah video dirinya memakan mie instan yang sudah kedaluwarsa hampir tiga bulan.

"Sudah expired 3 bulan lagi! Enggak apa-apa kali ya? Bismillah semoga jadi daging," tulis Ardi Bakrie dalam unggahan Insta-Story di akun pribadinya.

Saat kepepet, banyak orang yang sayangnya memilih mengonsumsi mie instan karena penyajiannya cepat dan mengenyangkan. Pakar kesehatan dan ahli gizi komunitas, dr Tan Shot Yen, mengatakan produk ultra proses seperti mie instan memang tidak membuat seseorang langsung masuk rumah sakit namun tetap harus diperhatikan efek kontaminasinya.


"Risiko pasta yang sudah 'kemasukan' kelembaban tentu akan berisiko adanya jamur (yang tidak terlihat). Nah kontaminasi jamur sekali lagi belum tentu seperti bakteri yang bikin langsung sakit perut. Risiko kontaminasi jamur jika terakumulasi tentu tidak baik untuk hati," kata dr Tan saat dihubungi detikcom pada Jumat (13/12/2019)

Meski dampaknya tak langsung terlihat, risiko masalah tetap ada. Karena produk shelf life atau makanan dalam kemasan yang dipertimbangkan bukan hanya perubahan pada mie nya saja tetapi juga bagaimana kemasan masih bisa bertahan.

"Mi instan tinggi natrium, garam. Jadi nggak heran dia bertahan. Kayak diawetin. Yang nggak expired aja bukan kategori makanan sehat. Ngapain juga dah expired masih dimakan?" pungkas dr Tan.



Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)