Senin, 16 Des 2019 14:16 WIB

Tol Japek Bergelombang, Ini Tips Agar Tak Mabuk Saat Melewatinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kondisi jalan Tol Japek yang bergelombang karena sambungan jalan. Foto: Soraya Novika
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Layang Japek resmi dibuka pada Minggu (15/12/19) lalu. Melihat ini, masyarakat yang ingin bepergian bisa mulai memanfaatkan jalur baru tersebut. Tapi, mereka tidak bisa memacu kendaraannya terlalu kencang, karena masalah kondisi jalurnya yang belum rapi.

Keadaan jalan atau jembatan yang belum rapi karena banyak sambungan yang menyebabkan kondisinya menjadi bergelombang, dan bisa saja membahayakan penggunanya. Bahkan, karena guncangan dari jalan yang bergelombang itu bisa membuat pengemudi pusing hingga mual.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah mabuk kendaraan yang menyebabkan rasa mual muncul.


1. Pilih-pilih tempat duduk

Ternyata, posisi tempat duduk bisa berpengaruh besar untuk mencegah mual. Coba untuk memilih tempat duduk yang memiliki sedikit guncangan atau gerakan, seperti duduk di kursi bagian depan. Ini mungkin yang menyebabkan para sopir jarang merasakan mual itu.

2. Kunyah jahe

Beberapa penelitian membuktikan, jahe sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya mabuk di perjalanan. Coba kamu makan sepotong manisan jahe, mengisap permen jahe, atau menelan kapsul akar jahe. Selain itu, permen mint juga bisa membantu meredakan mabuk atau mual di perjalanan karena lebih mudah dicerna.

3. Menghirup udara segar

Saat kamu mengalami mabuk atau mual di perjalanan, tubuh akan terasa panas dan berkeringat. Untuk mengatasinya, hembusan angin dari luar mobil bisa membuatmu merasa lebih baik. Kamu bisa buka jendela selama sekitar 1 menit, agar ada udara segar yang masuk dan bisa dihirup.

4. Siapkan cemilan

Ngemil saat di perjalanan tidak selalu menambah mual di perut lho. Tapi, menyediakan kudapan ringan seperti biskuit, wafer, atau makanan asin malah bisa membantu meredakan mual.

Justru, makanan berat yang berminyak dan asam akan memperburuk keadaan karena lambat untuk dicerna. Pilihlah camilan yang sehat seperti sereal, roti, apel, pisang, dan biji-bijian lain yang lebih mungkin bisa dikonsumsi tanpa membuat mabuk atau mual di perjalanan.

5. Mendengarkan musik atau radio

Di perjalanan yang kondisi jalannya bergelombang seperti ini, rasa mual pasti muncul meskipun tidak semua orang mengalaminya. Bagi kamu yang gampang mual, coba nyalakan musik, radio atau ngobrol dengan orang yang ada di mobil tersebut.

Cara ini bisa mengalihkan perhatian kamu agar merasa lebih baik. Para peneliti mengungkapkan, bahwa mendengarkan musik bisa membantu mengatasi mual dan gejala fisiologis lainnya yang berkaitan dengan mabuk perjalanan.


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)