Senin, 16 Des 2019 15:05 WIB

Vanessa Angel Menikah, Hidup Berpasangan Itu Lebih Sehat Lho

Nurul Khotimah - detikHealth
Diam-diam, Vanessa Angel telah melangsungkan pernikahan (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta - Selebritis kontroversial Vanessa Angel dikabarkan telah menikah dengan seorang pengusaha. Menikah memang menjadi harapan dan seperti destinasi seseorang yang telah mencapai masa dewasa. Banyak anggapan bahwa ketika menikah beban hidup akan semakin bertambah.

Faktanya hidup bersama pasangan memiliki segudang manfaat kesehatan lho.

Dikutip dari Medical Daily, studi yang dilakukan oleh para pakar dari Harvard Medical School menyebut pria yang sudah menikah cenderung hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lajang. Diduga kuat karena pria akan cenderung menerapkan hidup sehat dengan mendapat dukungan dari sang istri.

Tak hanya itu, rutin bercinta dan orgasme juga membantu menjaga keseimbangan produksi hormon dalam tubuh dan meredakan stres sehingga membantu mengurangi risiko berbagai penyakit.



Penelitian lain yang dilakukan Emory University, Atlanta baru-baru ini juga menyebutkan, menikah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pasien jantung yang bercerai, memiliki risiko meninggal karena serangan jantung dan stroke hingga 41 persen lebih tinggi. Sedangkan bagi pasien duda atau janda, risikonya bisa dua kali lipat dari itu.

"Namun tidak menikah masih memperlihatkan risiko kematian yang lebih tinggi," tutur Dr Arshed Quyyumi seperti dilaporkan ABC News beberapa waktu lalu.

Selain itu, disebutkan juga menikah dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental seseorang. Adanya dukungan dari pasangan dapat membuat seseorang terhindar dari perilaku berisiko mental, seperti penyalahgunaan obat atau stres bahkan depresi.

Dalam riset yang dilakukan Christopher Fagundes dari Ohio State University hal ini terkait dengan rasa tanggung jawab. Bagi mereka yang sudah menikah akan merasa memiliki tanggung jawab atas keluarga kecilnya untuk dalam kondisi terbaik dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.



Simak Video "Long Covid Juga Bisa Disebabkan Tekanan Psikis"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)