Senin, 16 Des 2019 15:35 WIB

5 Penyebab Nyeri Otot yang Kerap Terabaikan, Stres Salah Satunya

Nurul Khotimah - detikHealth
Nyeri otot bisa menyerang siapa saja (Foto: thinkstock)
Jakarta - Setiap orang pasti pernah mengalami nyeri otot, baik karena pegal setelah beraktivitas atau usai mengangkat beban berat. Nyeri otot yang paling sering terjadi pada bagian otot lengan, leher dan kaki. Meski dapat mengganggu kegitan namun rasa pegal setelah beraktivitas dianggap wajar-wajar saja.

Namun ketika rasa nyeri timbul bukan karena mengangkat beban berat ini perlu diwaspadai. Bisa-bisa alasannya tidak masuk akal. Dikutip dari Times of India berikut lima penyebab nyeri otot yang jarang orang sadari.



1. Stres
Sudah bukan rahasia lagi jika stres sering dikaitkan dengan penyebab memburuknya kesehatan mental seseorang. Tapi tak hanya berdampak pada kesehatan mental, stres juga dapat berbahaya bagi otot lho. Hormon stres menyulitkan tubuh Anda melawan penyakit. Orang yang sering stres mungkin selalu merasa lelah dan otot mereka mungkin sakit karena tubuh merasa sulit untuk mengelola peradangan.

2. Dehidrasi
Rasa haus yang berlebihan menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Tak hanya itu, kekurangan air dalam tubuh juga dapat menyebabkan nyeri otot. Inilah salah satu alasan setiap orang diharuskan banyak minum air minimal 8 gelas sehari. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan masalah kesehatan lainnya.

3. Kekurangan nutrisi
Nutrisi yang cukup pada tubuh membantu kesehatan tubuh lebih optimal. Nutrisi dapat didapatkan dari makanan bergizi, vitamin dan juga mineral. Nutrisi membantu menjaga tulang kita kuat, otak tajam dan tubuh sehat. Namun kekurangan nutrisi dapat menyebabkan sakit otot. Vitamin D adalah kebutuhan mutlak untuk otot kita dan sumber terbesar nutrisi ini adalah matahari.



4. Kekurangan tidur
Kurang tidur adalah alasan lain mengapa otot Anda sakit. Tidur nyenyak yang baik adalah 7-8 jam. Jangka waktu ini diperlukan untuk perbaikan dan peremajaan otot. Tapi jika Anda tidak memberi istirahat pada tubuh maka tubuh akan terasa lemas dan akan menghasilkan hormon stres yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir jernih.

5. Kondisi kesehatan yang mendasarinya
Hal yang paling umum seseorang dapat mengalami nyeri otot adalah karena adanya penyakit yang tengah diderita. Beberapa kondisi kesehatan mendasar seperti anemia, radang sendi, dermatomiositis, fibromyalgia, lupus dan penyakit lyme juga dapat melukai otot-otot Anda. Dalam kasus nyeri otot yang berkepanjangan, disarankan untuk menemui dokter.



Simak Video "Cara Atasi Nyeri Leher dan Lutut saat Work From Home"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)