Selasa, 17 Des 2019 06:00 WIB

Sering Mual Saat Berkendara? Waspadai Beberapa Penyakit Mengintai

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Gampang mabuk di perjalanan bisa menandakan masalah kesehatan (Foto: Soraya Novika)
Jakarta - Tol Japek Layang atau Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang diresmikan kemarin, ternyata tidak semulus pada umumnya. Hal ini karena kondisi jalan yang banyak terdapat sambungan hingga menyebabkannya bergelombang.

Keadaan ini bbisa membuat pusing hingga mual. Tapi, jika kamu terlalu sering mengalami mual di perjalanan meskipun kondisi jalannya bagus, hati-hati mungkin kamu mengidap penyakit lain.

Dikutip dari Medical News Today, beberapa penyakit tertentu ini juga ditandai dengan mabuk dan mual-mual.



1. Infeksi

Mual dan muntah yang sering dialami saat di perjalanan yang melewati jalan berkelok atau bergelombang seperti Tol Japek ini, mungkin bukan mabuk biasa. Bisa jadi kamu mengalami penyakit lain, seperti infeksi.

Infeksi yang menyerang sistem pusat seperti otak dan sumsum tulang belakang ternyata juga menyebabkan mual dan muntah, disertai nyeri kepala. Infeksi tersebut biasanya berupa meningitis, infeksi saluran pernapasan, atau peradangan pada jaringan otak.

2. Obstruksi usus

Salah satu hal yang umum terjadi saat mual muncul karena adanya gangguan pencernaan di dalam tubuh. Jika kondisi ini disertai dengan muntah yang parah, bisa jadi usus kamu mengalami penyumbatan atau biasa disebut dengan obstrusi usus.

3. Radang di dalam telinga

Saat kamu mengalami mual dan sakit kepala yang datang bersamaan, itu bisa diidentifikasi sebagai nyeri yang terjadi jauh di dalam pelipis. Biasanya, kondisi ini bisa disebabkan adanya gangguan pendengaran seperti gangguan pendengaran unilateral. Ini bisa menyebabkan pusing atau vertigo hingga melemahkan keseimbangan tubuhmu.



4. Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi saat otot-otot perut tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan adanya kerusakan pada saraf. Kondisi ini biasanya mengakibatkan tubuh akan merasa mual dan ingin muntah. Selain penyakit ini, gangguan lain yang ditandai dengan mual yaitu penyakit ulkus peptikum, irritable bowel syndrome, dan dispepsia.

5. Serangan jantung

Ternyata, mual dan muntah juga bisa menjadi tanda adanya penyakit serangan jantung pada seseorang. Selain tanda ini, serangan jantung juga memiliki beberapa tanda lain, seperti rasa sakit pada jantung, nafas pendek, dan kepala yang terasa ringan. Jika mengalami hal ini selama bepergian, coba konsultasikan ke dokter.

6. Stroke

Penyakit saraf seperti stroke juga bisa ditandai dengan rasa mual yang sering muncul. Rasa mual dan ingin muntah biasanya menjadi tanda mengalami stroke hemoragik atau stroke yang disebabkan karena pecahnya pembuluh darah.

Keadaan ini terjadi saat darah yang bocor akibat pecahnya pembuluh dan mengisi rongga kepala. Ini bisa mengakibatkan adanya tekanan yang tinggi di kepala, menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, dan disertai dengan mual hingga muntah.



Simak Video "China Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Wabah Bubonic"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)