Selasa, 17 Des 2019 07:01 WIB

6 Kemungkinan yang Terjadi Akibat Tidur Salah Posisi

Meytha Cahyasari - detikHealth
Tidur salah posisi bisa berdampak pada kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Meskipun kamu mungkin tidak selalu memiliki kontrol atas bagaimana posisi kamu tidur, tapi itu terus dapat mempengaruhi bagaimana perasaan tubuh kamu ketika kamu bangun di pagi hari. Ada beberapa hal yang cukup tak terduga yang dapat terjadi pada tubuh kamu ketika kamu tidur dengan cara yang salah.

"Walaupun tidak ada posisi tidur yang dianggap 'salah,' banyak orang dapat menemukan diri mereka tidur di berbagai sudut yang dapat membuat bagian tubuh tertekan," kata Dr Sujay Kansagra, pakar kesehatan tidur Mattress Firm, kepada Bustle.

Ketika bagian tubuh atau otot ditekan untuk jangka waktu sepanjang malam, itu dapat membuat kamu bangun dengan rasa sakit dan nyeri keesokan paginya serta membuat otot tegang. Selain itu, tidak memiliki "bahan tidur yang mendukung" seperti kasur, bantal, dan pencahayaan yang baik dapat menyebabkan ketegangan lebih lanjut.



Meskipun Dr Kansagra mengatakan bahwa tidak ada posisi tidur yang salah, cara kamu tidur tetaplah penting. Dikutip dari bustle, inilah beberapa hal yang dapat terjadi di dalam tubuh kamu ketika kamu tidur dalam posisi yang tidak nyaman.

1. Kamu dapat mengalami mati rasa atau kesemutan di bagian lengan atau tangan

2. Siku atau saraf pergelangan tangan anda bisa menjadi iritasi

3. Wanita dapat mengalami nyeri punggung bawah

4. Adanya gravitasi dapat menyebabkan lidah kamu tertarik ke arah belakang jalan napas dan membuatnya sempit sehingga membuat kamu mendengkur

5. Organ internal kamu seperti hati, paru-paru dan perut mungkin akan mengalami ketegangan

6. Kamu dapat mengalami sakit kronis karena banyaknya ketegangan terutama pada bagian tubuh punggung dan leher.

"Tidur yang cukup sangat penting untuk mempertahankan perhatian, mengembangkan ingatan jangka panjang, mempertahankan suasana hati yang baik, dan membantu mengurangi tanda-tanda depresi dan kecemasan," kata Kansagra.

Jadi, jika tidur dengan cara yang salah menyebabkan kamu sakit dan kesakitan, mengubah posisi tidur sepenuhnya bukanlah hal terbaik untuk dilakukan. Sebagai gantinya, kamu harus mulai dengan membuat perubahan kecil pada kebiasaan tidur atau posisi kamu. Memaksa diri kamu untuk tidur dengan cara tertentu ketika kamu tidak terbiasa dengan hal itu, hanya akan mengakibatkan frustrasi dan kurang tidur. Jadi jalan lambat. Membuat perubahan kecil setiap begitu sering dapat membuat semua perbedaan dari waktu ke waktu.




Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)