Selasa, 17 Des 2019 10:02 WIB

Azoospermia, Ejakulasi Tapi Tak Keluar Sel Sperma

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pria pengidap azoospermi sulit membuahi sel indung telur. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Kualitas sperma sangat mempengaruhi proses pembentukan janin. Namun bagi pria pengidap azoospermi, mereka akan sulit membuahi sel indung telur karena cairan spermanya kosong.

"Azoospermi memang dari pabriknya yang nggak produksi. Ada yang karena obstruksi, ada juga testisnya nggak bagus," kata spesialis obgyn dari Klinik Bocah Fertilitas, dr M Lucky, SpOG(K) saat ditemui detikcom di RS Awal Bros Tangerang, Senin (16/12/2019).

Saat ejakulasi, umumnya pria mengeluarkan cairan yang berisi air mani dan sperma. Ketika mengalami azoospermi, jumlah sperma yang ada di air mani bisa tidak ada sama sekali.

"Keluar tapi nggak ada (sperma). Kalau ejakulasi tetap ada yang keluar tapi pas diperiksa nggak ada sperma di situ adanya semen aja," tambahnya.

Azoospermi terjadi pada sekitar 1 persen dari 15 persen pria tidak subur atau mandul. Penyebabnya mulai dari infeksi, gangguan hormon, sampai kegagalan testis.

"Bisa karena obstruksi jadi kan dari testis nih, jalan keluar ke penis. Di perjalanan kan ada saluran, nah salirannya kesumbat. Tersumbatnya karena apa? bisa karena infeksi, macam-macam," pungkasnya.





Simak Video "Sering Diremehkan, Gondongan Bisa Berakibat Mandul pada Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)